SEF ITB Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Asia Tenggara

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dua tim Student English Forum (SEF) ITB berhasil mengungguli tim-tim Asia Tenggara dengan meraih juara pertama dan kedua di the 2011 Southeast Asian English Olympics (SEO). Kejuaraan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Universitas Bina Nusantara ini mengundang tim-tim debat dari perguruan tinggi di Asia Tenggara; sebut saja University College of Technology and Innovation (UCTI) Malaysia, Universiti Malaya, dan tim World School Debating Championship Thailand.
Babak final the 2011 SEO diselenggarakan pada Sabtu (19/02/11). Empat tim berlaga di final: dua tim ITB, satu tim Universitas Indonesia, dan satu tim Universitas Bina Nusantara. Luthfi Abdurrahman (Seni Rupa 2005) dan Karina Patria Soedjatmiko (Teknik Lingkungan 2007) berhasil menyabet predikat juara. Rifan Ibnu Rahman (Manajemen 2009) dan Tubagus Andhika Nugraha (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2010) meraih predikat juara kedua.

The 2011 SEO merupakan kejuaraan debat dengan format british parliamentary (BP). Tidak seperti lomba debat pada umumnya yang hanya mempertandingkan dua tim (tim government melawan tim opposition), format BP mempertandingkan empat tim sekaligus: tim opening government, tim opening opposition, tim closing government, dan tim closing opposition. Dengan format BP, satu tim terdiri atas dua orang, alih-alih tiga orang pembicara.

Raih Best Speaker dan Best Novice Speaker

Pada awal tahun 2011, SEF ITB juga berpartisipasi pada kejuaraan debat Indonesian Varsities English Debate (IVED) 2011 di Universitas Hasanuddin, Makassar. Kejuaraan yang diikuti oleh 54 tim dari perguruan tinggi se-Indonesia ini diselenggarakan pada Jumat - Rabu (21-26/01/11). Dari sembilan peserta delegasi ITB, lima delegasi meraih
top ten best speaker se-Indonesia.

Pada kejuaraan IVED 2011, terdapat dua kategori speaker score: top ten main best speaker dan novice best speaker. Novice best speaker merupakan kategori yang diperuntukkan bagi peserta yang belum pernah mengikuti kejuaraan debat perguruan tinggi sebelum IVED 2011. Sedangkan top ten main best speaker merupakan kategori yang diperuntukkan bagi keseluruhan peserta turnamen.

Tiga delegasi meraih predikat top ten main best speaker: Rifan Ibnu Rahman (Manajemen 2009) sebagai IVED 2011 best speaker (peserta dengan speaker score tertinggi sepanjang turnamen, red), Tubagus Andhika Nugraha (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2010) sebagai 3rd best speaker, dan Yosaka Eka Putranta (Teknik Perminyakan 2010) sebagai 6th best speaker.

Tiga delegasi meraih predikat novice best speaker: Tubagus Andhika Nugraha (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2010) sebagai IVED 2011 best novice speaker, Mohammad Rimba Putra sebagai 3rd best novice speaker (Manajemen 2010), dan Vicario Reinaldo (Fakultas Teknologi Industri 2010) sebagai 5th best novice speaker.

scan for download