Arkavidia 2.0: Career Day, Jembatani Dunia Kerja dan Perkuliahan

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB mengadakan acara Arkavidia 2.0 untuk yang kedua kalinya. Salah satu rangkaian dari acara ini adalah Career Day yang berlangsung selama dua hari yang diadakan pada Sabtu dan Minggu (19-20/02/11) dan bertempat di Aula Barat ITB. Dalam acara ini, berbagai perusahaan yang mayoritas bergelut di bidang teknologi informasi ikut serta dalam rangkaian kegiatan presentasi dan pameran.
"Tujuan utamanya diadakan Career Day ini adalah untuk menjembatani wawasan mahasiswa tentang perbedaan dunia kerja dan perkuliahan. Ilmu teoritis yang didapat saat kuliah sebenarnya sangat sulit untuk dapat diaplikasikan ke dunia kerja, oleh karena itu kami ingin memfasilitasi hal itu," ujar Dannis Muhammad yang menjadi penanggung jawab acara tersebut (Teknik Informatika 2007).

Konsep yang dibawa dengan konsep stand perusahaan seperti job fair, namun perbedaannya pada Career Day Arkavidia 2.0 ini tidak dilakukan rekruitmen on-the-spot. Perusahaan yang berpartisipasi dapat melakukan promosi, pengenalan perusahaan, serta penjabaran kriteria mahasiswa yang diperlukan perusahaan tersebut agar mahasiswa nantinya sudah siap akan syarat dan prasyarat yang harus dipenuhi saat mencari kerja nantinya.

Perusahaan yang ikut serta dalam Career Day Arkavidia 2.0 ini ada IF Assoc, Qwords, Lintasarta, Sangkuriang, Compnet, Multipolar, Dycode, Agate, Alcatel-Lucent, Nokia Siemens Network, Patracom, Computrade TI, dan Mobafone.

Menurut salah satu pengunjung dari alumni IT Telkom yang bernama Frastuzi Affan, konsep dari Career Day ini sendiri sudah cukup menarik. "Kebetulan saya baru saja lulus dan memang ingin mencari kerja di bidang teknologi informasi. Saya juga sudah apply ke beberapa perusahaan. Jadi Career Day Arkavidia 2.0 telah menjadi salah satu jalan dan wadah bagi saya untuk mendapatkan kesempatan bekerja," ungkapnya.

scan for download