Memasyarakatkan Hasil Penelitian Melalui Pameran Hasil Penelitian ITB

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pameran Hasil Penelitian ITB telah resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS di Aula Timur Kampus ITB. Acara ini bertajuk sosialisasi penelitian yang telah dilakukan dosen di ITB. Sebanyak 225 penelitian disosialisasikan pada Kamis hingga Jumat (17-18/02/11) di Aula Timur.
"Pameran penelitian ini dilakukan untuk sosialisai riset yang selama ini dilakukan oleh para peneliti di ITB, oleh karena itu saya sangat berterimakasih kepada para peneliti telah melakukan penelitian di bidang ilmu masing-masing," papar Wawan Gunawan pada saat pidato pembukaan.

Pameran Hasil Penelitian ITB merupakan salah satu bentuk sosialisasi penelitian yang dilakukan oleh ITB untuk memasyarakatkan penelitian-penelitian yang selama ini telah dilakukan. Bentuk sosialisasi lain yang akan dilakukan oleh ITB adalah sosialisasi pada pemerintah daerah juga kunjungan ke industri-industri yang sesuai dengan topik penelitian. Tentunya hal ini diharapkan membawa manfaat baik bagi pemerintah dan industri untuk berkembang.

Dua ratus dua puluh lima penelitian tersebut terbagi dalam penelitian sesuai Kelompok Keilmuan (KK) dan penelitian yang bersifat internasional. Disebutkan pula selain dosen yang terlibat dalam penelitian, terdapat mahasiswa S3, S2 bahkan S1 yang ikut terlibat. Pameran penelitian ini berbentuk poster session dimana para pengunjung dapat bertanya langsung kepada para peneliti yang berada di area pameran ataupun bisa melihat penjelasan penelitian tersebut melalui poster.

Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Penelitian

Dana untuk penelitian adalah 90 Milyar pertahun untuk penelitian mandiri tanpa melibatkan industri, sedangkan dana penelitian dengan keterlibatan industri di dalamnya adalah 300 milyar pertahun.

"ITB kali ini akan lebih fokus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, diharapkan pula dana penelitian dari tahun ke tahun akan semakin besar sehingga semakin banyak penelitian yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat banyak," tutup Wawan Gunawan dalam pidatonya di acara pembukaan Pameran Penelitian ITB.

scan for download