National Inovation Contest M-Fest 2011: Mendidik dan Menghasilkan Inovasi Teknologi

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - National Inovation Contest (NIC) M-Fest berhasil diselenggarakan dengan sukses dengan menghasilkan banyak karya baru dari siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai daerah. NIC terbagi menjadi tiga acara yang berbeda dan segmen yang berbeda pula. Acara ini diselenggarakan dari Jumat hingga Sabtu (04-05/02/11) di Campus Center (CC) Barat dan Timur Kampus ITB.

"Berbeda dengan mata acara yang lain di M-Fest, NIC lebih mengutamakan kepada pendidikan baik untuk siswa SMA maupun mahasiswa. Kami ingin membuat suatu acara yang tentunya mendidik," ujar Andy Bhakti (Teknik Mesin 2007) selaku ketua acara NIC saat diwawancara Kantor Berita di sela kesibukannya.

National Inovation Contest terdiri atas lomba cerdas cermat siswa SMA, lomba pembuktian hukum fisika, kontes inovasi teknologi antar universitas. Untuk peserta lomba sendiri datang dari berbagai daerah. Bahkan dari pulau Jawa seperti SMA Titian Teras yang berada di Jambi. Antusiasme peserta dalam ilmu pengetahuan dan teknologi memang patut diacungi jempol.

Adapun pemenang lomba cerdas cermat adalah sebagai berikut :
1. SMA Kanisius
2. SMAN 61 Jakarta
3. SMAN 3 Bandung

Untuk lomba pembuktian hukum fisika, peserta yang terdiri dari beberapa tim membuat suatu alat terutama dari barang-barang bekas yang dapat membuktikan hukum fisika yang ada. Selain itu setiap tim diharuskan untuk mempresentasikan apa yang telah mereka buat di hadapan para juri. Pemenang dari lomba ini adalah:
1. SMAN 1 Bandung mengenai Bola Jungkat-Jungkit
2. SMAN 1 Bandung mengenai Pembangkit listrik tenaga air
3. SMAN 3 Bandung mengenai Hukum Newton

Lomba terakhir adalah kontes inovasi teknologi antar universitas. Acara ini diadakan sebagai wadah untuk menyalurkan ide-ide inovasi dalam merancang dan membuat suatu produk teknologi. Produk inovasi ditujukanuntuk menunjang dunia industri dan kesejahteraan rakyat Indonesia, dimanaproduk inovasi bisa menjawab tantangan dunia Industri Usaha Kecil Menengah (UKM).Terdapat 20 finalis yang lolos dan memamerkan inovasi mereka di CC Timur.

Dengan diselenggarakan lomba ini diharapkan agar teknologi yang berkembang sekarang dan di masa depan dapat menjadi teknologi yang ramah lingkungan dan tentunya berguna dalam kehidupan manusia.


scan for download