Berita / Utama

Pre-Event M-Fest 2011: Workshop Tune Up Sepeda Motor Asah Kemampuan dalam Uji Kendaraan

Hastri Royyani - Senin, 31 Januari 2011, 16:55:03
BANDUNG, itb.ac.id - Jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia semakin tinggi dewasa ini. Kerusakan lingkungan akibat tingginya tingkat emisi gas buang kendaraan bermotor menginspirasi Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITB untuk menyelenggarakan Workshop Tune Up Sepeda Motor pada Sabtu (29/01/11) bertempat di Ruang Serba Guna Planologi ITB.

Workshop Tune Up kali ini mengulas mengenai teknologi sepeda motor terkini yang ramah lingkungan, serta cara menangani kerusakan ringan pada komponen motor. Workshop terbagi menjadi dua sesi pelatihan, yakni talkshow dan uji kendaraan. Bekerja sama dengan PT. Daya Adira Mustika, uji kendaraan sepeda motor diselenggarakan di Lapangan Campus Center Timur ITB usai talkshow berakhir.


Talkshow teknologi pada sepeda motor berguna untuk membekali peserta sebelum melakukan tune up pada sesi uji kendaraan. "Untuk mengetahui kondisi busi bagus atau tidak, kita hanya perlu mengecek warna busi. Jika berwarna coklat muda berarti busi baik dan pembakaran terjadi sempurna," papar Syarif Hidayat, Trainer Sepeda Motor PT. Daya Adira Mustika. Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk perawatan rantai roda pada sepeda motor, pembersihannya cukup menggunakan detergen, bukan dengan bensin karena akan merusak rantai.

Ketua Workshop Tune Up Sepeda Motor, Rimaysa Tri Yoga (Teknik Mesin 2007) menuturkan, "Peserta workshop dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan uji kendaraan sepeda motor dengan bimbingan seorang trainer dari HMM ITB." Melalui workshop ini, HMM ITB ingin berbagi ilmu dengan masyarakat luas mengenai dunia mesin. Kami memilih sepeda motor karena menjadi alat transportasi yang banyak digunakan, ungkapnya.

"Workshop Tune Up Sepeda Motor merupakan rangkaian acara Pre-Event M-Fest yang akan diselenggarakan pada 4-6 Februari 2011," jelas Yoga. Adapun rangkaian acara M-Fest yang akan terlaksana nanti yakni, Engine Tune Up, Uji Emisi gratis, Seminar Eco Driving, Green Technology Expo, Kontes Inovasi Teknologi antar Universitas, Lomba Pembuktian Hukum Fisika, Lomba Cerdas Cermat untuk SMA, Lomba Menggambar dan Menulis Surat untuk Sekolah Dasar, serta Talkshow National Technopreneurship.

"Melalui M-Fest 2011, kami berharap bisa mewujudkan keseimbangan antara pengembangan teknologi dan pelestarian lingkungan," harap Yoga. Informasi mengenai M-Fest 2011 selengkapnya bisa dilihat di www.mfest2011.com.