Berita / Utama

Pre-Event M-Fest 2011: Hijaukan Bandung dengan Sepedamu

Hastri Royyani - Selasa, 25 Januari 2011, 08:01:40
BANDUNG, itb.ac.id - Keselarasan pengembangan teknologi dan pelestarian lingkungan menarik perhatian banyak pihak dewasa ini. Guna mengkampanyekan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Mesin ITB mengadakan karnaval sepeda keliling Bandung pada Minggu (23/01/11) dengan menetapkan titik start di area Dago Car Free Day, melewati Jalan Trunojoyo, kemudian Jalan Riau-Jalan Merdeka-Jalan Wastu Kencana-Jalan Taman Sari-Jalan Ganeca dan kembali berakhir di Jalan Dago. Dengan mengusung tema "Hijaukan Bandung dengan Sepedamu", HMM ITB berhasil mengajak 300 peserta yang peduli akan kelestarian Kota Bandung.

"Karnaval sepeda ini hanya sebuah langkah awal sebuah ide besar yang dimiliki oleh HMM ITB," ujar Ketua Acara Karnaval Sepeda, Reza Ramadhana (Teknik Mesin 2008). Dalam karnaval ini, HMM ITB juga mengajak serta Paguyuban Sepeda Baheula (PSB) Bandoeng, komunitas Bike to Work, Bike to Campus, dan berbagai komunitas sepeda lainnya untuk menyukseskan karnaval tersebut.

Tak hanya karnaval sepeda, HMM ITB juga memberikan edukasi masyarakat mengenai energi terbarukan pada acara ini. Masyarakat menjadi sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mengetahui beragam sumber energi yang mungkin bisa menjadi alternatif dengan tidak bergantung pada bahan bakar fosil, seperti panel surya, panas bumi, dan lain-lain.

"Lebih lanjut untuk menularkan semangat menjaga lingkungan dalam pengembangan teknologi, HMM ITB akan mengadakan M-Fest 2011," papar Reza. Karnaval sepeda ini merupakan rangkaian acara Pre-Event M-Fest yang akan diselenggarakan pada 4-6 Februari 2011, ujarnya. Adapun rangkaian acara M-Fest yang akan terlaksana nanti yakni, Engine Tune Up, Uji Emisi gratis, Seminar Eco Driving, Green Technology Expo, Kontes Inovasi Teknologi antar Universitas, Lomba Pembuktian Hukum Fisika, Lomba Cerdas Cermat untuk SMA, Lomba Menggambar dan Menulis Surat untuk Sekolah Dasar, serta Talkshow National Technopreneurship.

"Melalui M-Fest 2011, HMM ITB ingin membangun kesadaran dan keperdulian akan keadaan lingkungan pada masyarakat. Sehingga keharmonisan antara pengembangan teknologi dan kelestarian lingkungan diharapkan bisa terwujud secara nyata," ungkap Reza. Tata Supriatna, salah seorang peserta karnaval dari PSB Bandoeng menuturkan bahwa acara ini membantu masyarakat untuk menjadi lebih cerdas. "Semoga ITB juga makin bisa mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan," harap Tata.

Informasi mengenai M-Fest 2011 selengkapnya bisa dilihat di www.mfest2011.com.