Berita / Institusi

4icu: ITB Menduduki Peringkat 32 Dunia

Vernida Mufidah - Selasa, 18 Januari 2011, 16:33:50
BANDUNG, itb.ac.id- Institut Teknologi Bandung (ITB) tetap berada dalam seratus universitas terbaik di dunia untuk "2011 World University Ranking" yang diselenggarakan oleh 4 International Colleges & University (4icu). Meskipun mengalami penurunan 2 peringkat dibandingkan tahun lalu, ITB tetap unggul karena berada pada urutan pertama di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara.

Untuk di Indonesia sendiri, ITB tetap mempertahankan peringkat pertama, Universitas Indonesia (UI) sebagai peringkat kedua dan Universitas Gajah Mada (UGM) di peringkat ketiga. Terdapat 151 universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta yang diperingkatkan oleh 4icu. Hal ini berarti terdapat penambahan universitas yang didata dari Indonesia, karena pada tahun sebelumnya hanya terdapat 141 universitas yang masuk ke dalam "2010 World University Ranking".

Peringkat pertama di dunia adalah Stanford University, disusul oleh Massachusetts Institute of Technology, kemudian University of California. Dominasi universitas di Amerika masih terlihat dengan jelas dalam "2011 World University Ranking", kemudian di susul dengan China yang menempati peringkat ke-8 oleh Peking University.

Dalam peringkat Asia, ITB mendapat peringkat ke-12 sedangkan UI di peringkat ke-25. Untuk peringkat di dunia, ITB berada di peringkat ke-32, jauh berada di atas UI yang menduduki peringkat ke-155. Sementara itu, peringkat ITB hanya berada di bawah National University of Singapore (NUS) dalam pemeringkatan di Asia Tenggara.

Hasil peringkat universitas sedunia ini didapat dari beberapa penilaian berdasarkan web universitas. Penilaian ini dicapai melalui tiga web metric yang tidak saling terikat, sehingga didapat kepopuleran web setiap universitas. Mesin pencari yang digunakan adalah Google Page Rank, Yahoo Inbound Link, dan Alexa Traffic Rank.

"2011 World University Ranking" dari 4icu bertujuan melihat bagaimana kepopuleran sebuah website universitas. Tentunya dari website tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah media untuk mengetahui setiap universitas di dunia. Hal ini menjadi cambuk untuk mengembangkan website www.itb.ac.id agar menjadi lebih baik.

Untuk informasi lengkap tentang hasil pemeringkatan yang ditetapkan 4icu, klik disini.