FII 2010: Tumbuhkembangkan Semangat Berinovasi

Fathir Ramadhan | Selasa, 21 Desember 2010, 17:54:48 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id-Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB menyelenggarakan Forum Inovasi Indonesia (FII) 2010. Forum ini menghimpun semangat berkreasi dan berinovasi dan memeriahkannya dalam bentuk simposium oleh tokoh-tokoh nasional, peluncuran buku Ekonomi Inovasi, diskusi panel, dan pameran produk inovatif. FII 2010 diselenggarakan pada selasa dan rabu (14-15/12/10) di Aula Barat dan Aula Timur ITB.Tokoh nasional hadir sebagai pembicara pada FII 2010, antara lain: Menko Ekonomi diwakili oleh staf ahli bidang Inovasi Teknologi dan Lingkungan Hidup Raldi Hendro Koestoer ("Strategi Memacu Pertumbuhan Ekonomi melalui Inovasi"), Dirjen Perguruan Tinggi Kemendiknas RI Djoko Santoso ("Peran Perguruan Tinggi dalam Inovasi"), Direktur Utama (Dirut) PT Telkom Rinaldi Firmansyah ("Inovasi Information and Communication Technology untuk Indonesia"), Menteri Riset dan Teknologi RI diwakili Asisten Deputi Kekayaan Intelektual dan Standarisasi Iptek Alvini Pranoto ("Strategi Menuju Negara Innovation-Driven"), Komisaris PT Aditec Cakrawiyasa Rawono Sosrodimulyo ("Inovasi dalam Bidang Industri Manufaktur"), Dirut Bank Mandiri diwakili Direktur Mikro dan Retail Banking Budi Gunadi Sadikin ("Peran Perbankan dalam Memacu Inovasi dan Kewirausahaan di Indonesia"), dan banyak lainnya.

Penyelenggaraan FII 2010 bertepatan dengan dies natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Sebagai tuan rumah forum nasional yang rmenjunjung tinggi tumbuh kembangnya semangat inovasi dan kreativitas, relevan dengan semangat dies natalis ITS, ITB melaksanakan telekonferensi dengan perayaan dies natalis ITS.

Dalam sambutannya yang juga disiarkan di ITS melalui telekonferensi, Rektor ITB Prof. Dr. Akhmaloka menyampaikan harapannya agar mahasiswa dapat menyumbangkan konsep, model, hingga prototype yang solutif dan implementatif dalam menyelesaikan permasalahan bangsa. "Bangsa ini sangat berharap ITB dan ITS dapat menjadi garda terdepan penumbuhkembangan inovasi dan kreativitas," ungkap Akhmaloka.