Berita / Utama

FII 2010: Launching Buku "Ekonomi Inovasi"

Fathir Ramadhan - Rabu, 15 Desember 2010, 19:31:30
BANDUNG, itb.ac.id-Pertumbuhan suatu bangsa kerap kali diindikasikan dengan pertumbuhan ekonominya. Aktor-aktor penggerak kemajuan bangsa akhirnya dituntut untuk dapat mengintegrasikan kreativitas dan inovasi dengan kemajuan ekonomi, sebab kemajuan ekonomi erat kaitannya dengan kesejahteraan. Buku Ekonomi Inovasi merupakan kumpulan pemikiran yang membahas konsep dan implementasi inovasi untuk pertumbuhan ekonomi yang selaras dengan permasalahan di Indonesia. Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB meluncurkan buku ini pada Forum Inovasi Indonesia (FII) 2010 di Aula Barat ITB pada Selasa (14/12/10).Penulis buku berasal dari berbagai kalangan, seperti akademik, bisnis, maupun pemerintah. Beberapa penulis yang menyumbangkan pemikirannya dalam buku ini antara lain:

  • Tatag Wiranto (Kantor Kementrian Negara Pembangunan Daerah, Metode 'Bedah Desa' dalam Pelaksanaan Kebijakan Pembangunan Kawasan Pedesaan Terpadu);
  • Dudy Wiyancoko (Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Inovasi Desain: Inovasi Berorientasi Pengguna);
  • Sudarsono Hardjosoekarto (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI, Sistem dan Budaya Inovasi Nasional dalam Perspektif Berpikir Serba Sistem dan Pembelajaran Organisasional);
  • Pekik Argo Dahono (Teknik Elektro ITB, Menghemat Listrik dengan VSD);
  • Hasnul Suhaimi (PT XL Axiata Tbk, Tarif Murah untuk Layanan Prima, Inovasi pada Layanan Telekomunikasi XL);
  • Syafrizal Maludin (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Memahami Peran Dinamika Sosial Ekonomi dalam Sistem Inovasi Indonesia)

Peluncuran buku ini diresmikan oleh Rektor ITB Prof. Dr. Akhmaloka dan diserahkan secara simbolis kepada Dirjen Dikti Prof. Dr. Djoko Santoso, Dirut PT Telkom Indonesia Rinaldi Firmansyah, perwakilan Menko Ekonomi staf ahli bidang Inovasi Teknologi dan Lingkungan Hidup Raldi Hendro Koestoer, dan ketua tim editor Sudarsono. Buku Ekonomi Inovasi dapat diperoleh di LPIK ITB, Jalan Ganesha 15, Bandung.