Berita / Utama

Mahasiswa ITB Ikuti the United Nations Climate Change Conference di Cancun, Meksiko

Fathir Ramadhan - Jumat, 10 Desember 2010, 17:13:13
BANDUNG, itb.ac.id-Elfa Nugraha, mahasiswa teknik industri ITB 2006 berpartisipasi pada pertemuan United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) di Cancun, Meksiko. UNFCCC merupakan traktat internasional untuk perubahan iklim yang dibentuk pada konferensi PBB di Rio de Janeiro tahun 1992. Ratusan negara telah menandatangani traktat ini, dan mengadakan konferensi setiap tahunnya (dikenal dengan istilah Conference of the Parties/COP) untuk mendiskusikan kemajuan pengurangan emisi gas rumah kaca. Tahun lalu, konferensi ini (COP 15) diselenggarakan di Copenhagen.

COP 16 (sebutan untuk konferensi UNFCCC tahun ini-red) diadakan di Cancun, Meksiko pada Rabu (29/11/10) hingga Senin (10/12/10). Hasil yang dicapai pada konferensi ini sangat penting sebab menentukan pencapaian konferensi berikutnya (COP 17) di Afrika Selatan. Indonesia sendiri menargetkan agar Reduction Emission Degradation Deforestation Plus (REDD+) dapat disepakati pada konferensi ini. Konferensi ini juga merupakan kelanjutan dari COP 15 yang dikritik oleh banyak kalangan karena tidak mencapai kesepakatan yang mengikat secara hukum (legally binding).

Lolos Seleksi KLH

Tahun ini, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) memberi kesempatan bagi mahasiswa perguruan tinggi nasional untuk berpartisipasi dalam seleksi berupa kompetisi debat bahasa Inggris. Dua mahasiswa terpilih dari seleksi ini akan berpartisipasi dalam diskusi mengenai perubahan iklim sebagai perwakilan Indonesia, bersama pemuda dan perwakilan lainnya dari Indonesia. Seleksi berupa debat bahasa Inggris bertemakan negosiasi perubahan iklim diselenggarakan di Universitas Atma Jaya Jakarta pada Selasa (16/11/10). Perguruan tinggi tingkat nasional seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia (UI), Binus Internasional, Universitas Padjadjaran (Unpad), dan lainnya bersaing agar dapat mengirimkan perwakilannya pada konferensi bergengsi ini.

Student English Forum (SEF), unit kegiatan mahasiswa ITB yang memfokuskan kegiatannya di debat bahasa inggris, mendapat undangan dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) untuk berpartisipasi dalam seleksi ini. Elfa Nugraha, anggota unit SEF ITB, dan Ahmad Naufal Dai (UI) terpilih untuk mewakili Indonesia dalam konferensi UNFCCC di Cancun. Liputan dari Yahoo News Indonesia menyebutkan bahwa Indonesia menjadi satu dari beberapa negara peserta konferensi yang melibatkan pemuda dalam negosiasi. Inisiatif Indonesia untuk melibatkan pemuda dalam konferensi ini dipuji oleh UNICEF, Save the Children, dan organisasi kepemudaan internasional lain.