Berita / Utama

ISOC 2010: Seminar Tactile Texture of Soft Materials

Fathir Ramadhan - Jumat, 10 Desember 2010, 17:07:54
BANDUNG, itb.ac.id-Seminar berjudul Tactile Texture of Soft Material merupakan salah satu seminar yang diselenggarakan pada International Seminar on Cosmetics (ISOC) 2010 di Aula Barat ITB, Jumat (26/11/10). Seminar ini disampaikan oleh Prof. Yoshinone Nonomura dari Yamagata University, Jepang. Prof. Yoshinone juga merupakan peneliti skin care di laboratorium Kao, produsen merk dagang Biore. Seminar membahas kemajuan penelitian tekstur tactile dan penerapan hasilnya dalam industri.Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak sekali material yang didesain agar memiliki tekstur seperti kulit (skin like), misalnya pakaian, kursi, humanoid robot, dan perlengkapan make up. Material-material dengan tekstur skin like memiliki pangsa pasar tertentu.

Tekstur ini didesain dengan memanfaatkan sensasi psikologis penggunanya. Selama bertahun-tahun, psikolog dan ahli neuroscience telah mempelajari sensasi psikologis yang dipetakan oleh otak manusia ketika mengindera tekstur dari material tertentu. Aktivitas otak dipetakan beserta gaya gesek yang dihasilkan ketika kulit bersentuhan dengan material tertentu.

Aspek-aspek fisik dan faktor-faktor lainnya dianalisis secara statistik agar didapatkan faktor yang memberikan sensasi tactile. Sensasi ini dikuantifikasi dalam Tactile Index of Biological Material (TIB), atau, derajat lifelikeness yang didapat ketika seseorang mengimajinasikan struktur tactile tertentu.

ISOC 2010 merupakan seminar yang menghadirkan para pakar bidang kosmetik dari Jepang, Singapura, Belanda, Korea, dan sejumlah perguruan tinggi dan perusahaan kosmetik nasional.