Berita / Utama

Balon Hijau Raksasa Hadir Turut Meramaikan RujaKota di Taman Ganesha

kikywikantari - Senin, 8 November 2010, 16:48:10
BANDUNG, itb.ac.id - Sebuah balon hijau raksasa dari lateks berdiameter lima meter terlihat di Taman Ganesha (06/11/10), turut meramaikan acara RujaKota, acara penghidupan kembali suasana taman kota yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma ITB (IMAG). Dua hari sebelumnya, balon raksasa tersebut diletakkan di Plasa Widya ITB dan di rotunda Campus Center (CC) ITB, merupakan bagian dari publikasi pra-acara dari RujaKota.

RujaKota mengajak para pengunjung Taman Ganesha untuk berinteraksi melalu permainan, pendidikan lingkungan dan kebudayaan, melalui atraksi yang ditampilkan di panggung utama dan zona bola hijau raksasa, serta melalui workshop keterampilan yang disediakan secara gratis.

Komunitas-komunitas yang turut serta meramaikan RujaKota, antara lain; Komunitas Hong, Komunitas Sahabat Kota, Taman Kota, Komunitas Alut, Parkour Bandung dan Capoeira Quizumba ITB. Selain itu, disediakan workshop merajut, membuat pewarnaan kain dengan celup ikat, dan mewarnai gambar dengan cat air. Acara dihadiri sekitar 500 orang.

Kemudian, acara puncaknya merupakan peresmian ikon RujaKota seperti yang telah diketahui sebelumnya, Bola Hijau Raksasa yang dapat dimainkan secara bebas oleh pengunjung. Panitia ikut melakukan flash mob memeriahkan acara puncak. Flash mob yang dilakukan panitia secara beramai-ramai, berupa adegan menari bersama secara spontan ketika musik tertentu mulai dan berhenti ketika lagu habis.

Sebelumnya, panitia berjumlah 80 orang melakukan flash mob di boulevard ITB dengan cara menari massal pada hari Jumat (05/11/10) pukul 17.00 WIB, bertujuan untuk mempublikasikan acara kepada massa yang sedang berkumpul di lapangan basket CC Barat ITB dan di sepanjang boulevard kampus ITB.


"Balon raksasa tersebut memang belum memiliki nama, rencananya akan kami beri nama dan diresmikan sekaligus diperkenalkan kepada masyarakat Kota Bandung melalui acara yang akan diadakan di taman kota-taman kota lainnya', jawab Nissa Aulia (Arsitektur 2007), koordinator Acara RujaKota, ketika ditanya mengenai apa rencana ke depan dari RujaKota. Mengintervensi taman kota dan ruang terbuka publik di Kota Bandung menjadi tujuan utama dari RujaKota. Oleh karena itu, balon hijau raksasa yang belum bernama itu lah yang menjadi media penarik perhatian pengunjung.