Mathematical Challenge Festival V: Matematika untuk Semua

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Serangkaian acara Mathematical Challenge Festival (MCF) V telah sukses diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB pada Senin dan Selasa (1-2/11/10). Dengan tema "Math for All", acara dwitahunan yang telah dilangsungkan sejak 2002 ini memperlihatkan bahwa matematika banyak diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Pada Senin (01/11/10), sebuah tarian saman dari Aceh menjadi pembuka acara. Acara pembukaan dilanjutkan dengan peresmian acara oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB Dr. Pudji Astuti; Ketua Program Studi Matematika ITB Dr. Janson Naiborhu; dan Ketua MCF V Anggamukti Budi (Matematika '07).

Acara lalu dilanjutkan dengan seminar pendidikan bertajuk "Teaching for Learning Mathematics" di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB. Seminar ini bertujuan membangkitkan semangat mengajar guru matematika agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan. Pembicara yang hadir adalah praktisi pendidikan Dr. Wono Setya Budhi (Dosen Matematika ITB) dan Dr. Lucia Retno Mursitolaksmi, M.Si. M.Sp.Ed. (Dosen Psikologi Pendidikan UI).

Diselingi istirahat selama dua jam, pelatihan software "LATEX" diadakan setelahnya di Laboratorium Komputasi Matematika ITB. Peserta diajarkan cara penggunaan Latex. Software ini sangat membantu penulisan persamaan-persamaan matematika pada tugas-tugas sekolah dan tugas akhir mahasiswa, serta membantu guru menuliskan materi ajar sekolah dan soal ujian.

Selain itu terdapat pameran "Math Expo" yang memamerkan karya-karya pemodelan mahasiswa Matematika ITB, permainan rubik, tangram, pentomino, wahana ular tangga, alat peraga matematika, serta Techno Presenter Competition antarhimpunan di ITB. Bertempat di lapangan basket Campus Center Barat ITB, pameran ini dibuka selama dua hari untuk umum.

Tidak tanggung-tanggung, MCF V yang memang bertujuan mengenalkan matematika ke seluruh Indonesia mengadakan kompetisi matematika tingkat SMA dan sederajat se-Indonesia. Kompetisi yang diikuti oleh 14 provinsi ini sudah mengadakan seleksi daerah sejak bulan Mei. Seleksi pusat diselenggarakan pada Senin dan Selasa (1-2/11/10).

Pada hari kedua, acara dilanjutkan dengan Simposium bertema "How does Mathematics Solve a Problem?". Simposium ini bertempat di Aula Timur ITB dan menghadirkan empat pembicara: Desimon (Managing Partner PT Simetri Internasional dan Sekretaris Perhimpunan Pedagang Surat Utang Negara/Himdasun), Fetra Syahbana (IBM Country Manager Systems & Technology), Dr. Ir. Yanif Dwi Kuntjoro M.S. (Mayor Laut dari Staf Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI), dan Franz Dirgantoro (President Director J.O Executive Search). Simposium ini ingin merubah paradigma bahwa lulusan Matematika cenderung menjadi akademisi dan juga ingin menunjukkan bagaimana lulusan matematika menjawab permasalahan yang ada.

Acara yang persiapannya memakan waktu lebih dari delapan bulan ini ditutup pada Selasa (02/10/10) dan bertempat di Aula Timur ITB. Dalam acara penutupan ini, seluruh elemen yang terkait pelaksanaan MCF V berkumpul menikmati jamuan Gala Dinner, penampilan dari unit dan band, serta pengumuman pemenang kompetisi matematika tingkat SMA dan sederajat se-Indonesia MCF V.

 

(Shinta Michiko Puteri)


scan for download