Aero Expo 2010 : Pameran dan Lomba Dunia Dirgantara

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Aero Expo 2010 telah sukses diselenggarakan dengan berbagai macam acara yang terdapat di dalamnya. Dimulai dari pelaksanaan lomba Indonesian Indoor Aerial Robot Contest (IIARC) pada Jumat-Minggu (15-17/10/10) hingga lomba RC Simulator dan fotografi yang dilaksanakan di akhir acara pada Sabtu (30/10/10). Selain lomba-lomba tersebut diadakan pula seminar dan pameran yang menarik untuk dikunjungi.
Pameran yang terdapat di dua tempat di Kampus ITB ini bertajuk "Civil Aviation Safety : Policy and Implementation in Indonesia". Tiga kategori pameran mewakili berbagai pihak yang berkontribusi dalam dunia penerbangan. Kategori pertama ialah bisnis, di sini berbagai perusahaan dalam dan luar negeri memamerkan produk mereka di Aula Timur. Kategori kedua yaitu komunitas, tentunya komunitas ini diisi oleh komunitas penerbangan dan hobby yang masih ada hubungannya dengan penerbangan. Kategori terakhir adalah sekolah penerbangan. Kedua kategori terakhir ini berada di lapangan Campus Center Timur.

"Pengisi pameran ini adalah perusahaan dan komunitas yang kompeten di bidang penerbangan, seperti misalnya di bidang perusahaan adalah Boeing, kemudian di bidang pendidikan adalah Politeknik Negeri Bandung (Polban)." tambah Saladdin Siregar selaku ketua pelaksana Aero Expo 2010.

RC Simulator Seperti Bermain Game

Lomba RC simulator yang diadakan pada hari Sabtu (30/10/10) diikuti oleh 21 peserta yang sebagian berasal dari ITB. "Pada lomba ini peserta diharuskan bermain dalam Phoenix Simulator dan menyelesaikan dua misi. Masing-masing misi memliki waktu lima menit. Misi dalam lomba ini adalah peserta harus menjatuhkan beban dengan pesawat yang ia kendalikan hingga tepat sasaran. Apabila beban semakin dekat dengan pusat sasaran maka poin yang didapat semakin besar." tutur Rizal sebagai panitia Aero Expo 2010 di sela-sela lomba berlangsung.

Lomba lainnya yang menarik perhatian adalah lomba fotografi. Lomba fotografi ini terdiri dari dua kategori, yakni kategori bebas dan kategori foto saat IIARC. Untuk kategori bebas juara pertama diraih oleh Vincent dari ITB, juara kedua oleh Irfan dan ketiga oleh Omar. Untuk kategori foto IIARC juara pertama diraih Gatot Irawan, kedua oleh Vincent dan ketiga oleh Anka. Lomba-lomba mengenai dunia penerbangan ini tentunya menjadi harapan untuk kemajuan teknologi dunia penerbangan masa depan.


scan for download