11 Mahasiswa ITB Raih McKinsey Young Leaders for Indonesia Campus Scholarship 2010

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Sebelas mahasiswa ITB meraih McKinsey Young Leaders for Indonesia Campus Scholarship 2010 untuk mendapatkan pelatihan intensif tentang kepemimpinan. Pelatihan diikuti oleh 59 mahasiswa terpilih dari berbagai universitas di Indonesia melalui seleksi yang ketat.  ITB merupakan universitas terbanyak kedua yang meloloskan delegasi ke pelatihan ini. Universitas Indonesia paling banyak meloloskan delegasi, yakni 13 mahasiswa.
Delegasi dari ITB terdiri dari Sri Konsep Harum Wicaksono (TG'06), Ibnu Maulana (TI'06), Andree Breitner (TI'06), Ivan Hadinata Rimbualam (TK'07), Misykat Fahada (SBM'07), Ari Patera Nikicio (SBM'07), Aldina Saraswati Suwanto (BM'07), Kristia (SBM'08), Reswita Deri Gisriani (SF'08), Maya Oktaviani Sari (TK'08), dan Moch Ikrar Pradana (IF'07).

McKinsey Young Leaders for Indonesia Campus Scholarship 2010 merupakan program pelatihan kepemimpinan mahasiswa tingkat nasional yang diadakan oleh McKinsey Jakarta Office. Pelatihan  tersebut memberikan pembekalan kepada mahasiswa dalam kemampuan kepemimpinan, problem solving, lead team, dan  kontribusi untuk di masa mendatang. Tema besar yang diambil adalah "Unleash Indonesia", dan diharapkan mampu untuk membawa perubahan bagi Indonesia.

Young Leaders for Indonesia terdiri dari tiga rangkaian acara.  Pelatihan pertama yang bertajuk "Lead Self" diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta pada tanggal 6-7 Februari 2010. Sementara pelatihan kedua dilaksanakan pada tanggal 17-18 April 2010 di Hotel Sultan, Jakarta bertajuk "Lead Team".  Program pelatihan ini menghadirkan berbagai pembicara dan tokoh ternama di Indonesia. Pelatihan pertama menghadirkan Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Sandiaga S Uno (pengusaha), Dino Patti Djalal (juru bicara Presiden), Konsultan McKinsey, dan Butet Manurung (perintis sekolah rimba). Pelatihan pertama dilanjutkan dengan pengembangan network antar peserta. Sedangkan pelatihan kedua antara lain menghadirkan Gita Wiryawan (Kepala BPKM), Presiden Direktur Holcim, Presiden Direktur Djarum, dan beberapa Konsultan McKinsey.

Program McKinsey Young Leaders for Indonesia Campus Scholarship 2010 ini adalah angkatan kedua.  Pelatihan ini merupakan program tahunan McKinsey Jakarta Office melalui seleksi ketat dari seluruh mahasiswa pendaftar di seluruh Indonesia. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah IPK > 3.30 atau Mahasiswa Berprestasi, aktif di kegiatan ekstrakurikuler,  dan menunjukkan kualitas kepemimpinan yang baik.

Secara keseluruhan program ini meloloskan 59 mahasiswa dari 16 universitas di Indonesia, yakni Universitas Indonesia (13), Institut Teknologi Bandung (11), Universitas Gadjah Mada (7), Institut Teknologi Sepuluh November (6), Universitas Brawijaya (4), Universitas Sriwijaya (3), Institut Pertanian Bogor (2), Universitas Sumatera Utara (2), Universitas Syiah Kuala (2), Universitas Paramadina (2), Universitas Bina Nusantara (2), dan masing-masing satu delegasi dari Universitas Parahyangan, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, dan Prasetya Mulya Business School.

scan for download