Berita / Utama

ITB Raih Juara Umum ON MIPA-PT 2010

alitdewanto - Sabtu, 1 Mei 2010, 13:03:27
JAKARTA, itb.ac.id- Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali meraih juara umum dalam pagelaran Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2010. Dari 60 medali yang dibagikan, kontingen ITB meraup 18 medali, diantaranya 7 medali emas, 4 medali perak, dan 7 perunggu. ITB berada di atas UGM yang mengumpulkan 14 medali, dan UI dengan perolehan 5 medali. Istimewanya, hanya 4 universitas yang mampu meraih medali emas, yakani ITB (7), UGM (3), ITS (1), serta IT-Telkom (1).
Malam Penganugerahan Juara ON MIPA-PT sendiri dilaksanakan di Gedung Dikti Jakarta, Jumat (30/04/10). Pengumuman pemenang dilakukan sendiri oleh Ketua Dewan Juri Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2010, Muklis. Medali emas sendiri diperuntukkan bagi pemenang pertama, perak bagi pemenang kedua, dan perunggu untuk pemenang ketiga.

Fisika dan Kimia masing-masing menyumbangkan 3 medali emas. Untuk fisika, emas disumbangkan oleh Muhammad Firmansyah Kasim, Nabila Khrisna Dewi, dan Irfan Syanjaya. Sedangkan peraih medali emas dari kimia ialah R. Aditya Wibawa, Tegar Nurwahyu Wijaya, serta Aulia Sukma H. Satu medali emas lainnya dipersembahkan oleh Yosafat Eka P. Pangalela dari bidang Matematika.

Sedangkan empat medali perak dipersembahkan oleh Mohamad Insan Nugraha (Fisika), Dimas Ramadhan Abdillah Fikri (Kimia), Muhammad Zulqarnaen (Kimia), Shofarul Wustoni (kimia). Peraih medali perunggu ialah Hendra Hadlil Chiri (Matematika), Ismail Sunni (Matematika), Rudi Adha Prihandoko (Matematika), Muhammad Fauzi (Fisika), Radius Nagassa (Fisika), Stefani Herlie (Fisika), dan Astanti Fatsa (Kimia).

Selain mendapatkan medali, para pemenang juga berhak atas hadiah berupa tabungan sebesar 6 juta untuk pemenang pertama, 3.5 juta bagi pemenag kedua, dan 2 juta untuk pemenang ketiga.