Berita / Utama

ITB Raih Juara Pertama Debat Bahasa Inggris 14th ALSA National English Competition 2010

Fathir Ramadhan - Selasa, 27 April 2010, 04:10:35
Student English Forum (SEF) ITB menjuarai turnamen debat bahasa Inggris 14th ALSA National English Competition 2010 setelah mengalahkan English Debating Society (EDS) Universitas Indonesia di final, Selasa (20/04/10), di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Turnamen ini diadakan oleh asosiasi mahasiswa program studi hukum, Asian Law School Association (ALSA) UI, dan diikuti oleh perguruan tinggi se-Indonesia. Institusi yang berpartisipasi antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Parahyangan, Universitas Diponegoro, Universitas Bina Nusantara, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Universitas Hasanuddin, Universitas Atmajaya Yogyakarta. Di tahun-tahun sebelumnya, ITB selalu berpartisipasi dalam kejuaraan ini, namun tahun ini adalah pertama kalinya ITB meraih predikat juara.

Pada 14th ALSA National English Competition 2010, ITB mengirimkan dua tim debat: ITB A dan ITB B. Kedua tim berhadapan satu sama lain di babak semifinal. ITB A (Luthfi Abdurrahman-Seni Rupa '05, Melliza Pretty Putri Utami-Teknik Lingkungan '08, dan Karina Patria Soedjatmiko-Teknik Lingkungan '07) mengalahkan ITB B (Vincentius Dito Krista Holanda-Teknik Kimia '08, Fathir Ramadhan-Teknik Industri '08, dan Kirana Kania-Oseanografi '08) dan maju ke babak grandfinal.


Deputy Chief Adjudicator

Dalam setiap turnamen debat bahasa Inggris, panitia pelaksana menunjuk satu orang Chief Adjudicator (CA) untuk mengepalai seluruh dewan juri pada kompetisi yang bersangkutan. CA kemudian menunjuk beberapa orang wakil, yang dinamakan Deputy Chief Adjudicator (DCA). Dalam satu turnamen, DCA dapat berjumlah 3 s.d. 5 orang, dan merepresentasikan region yang berbeda-beda di Indonesia.

CA dan DCA tergabung dalam tim inti dewan juri (Adjudication Core). Tim ini memegang peranan penting, seperti menentukan mosi yang akan diperdebatkan, menyeleksi juri-juri yang akan berpartisipasi di turnamen, serta menentukan alokasi juri pada setiap babak. Adjudication Core terdiri dari debater-debater senior; mereka merupakan orang-orang terpilih, yang dianggap mampu bertanggung jawab atas kualitas turnamen dan penjurian.

Selama tiga tahun berturut-turut, perwakilan ITB selalu mendapat kepercayaan untuk terlibat dalam Adjudication Core ALSA National English Competition mewakili region Jawa Barat. Masyhur Aziz Hilmy (Astronomi '05) dan Luthfi Abdurrahman (Seni Rupa '05) dipercaya menjadi salah satu DCA pada kejuaraan ini, berturut-turut pada tahun 2008 dan 2009. Tahun ini, Muhammad Pandu (Fisika '06) dipercaya menjadi DCA 14th ALSA National English Competition 2010.