Berita / Akademik

Wisuda Kedua ITB 2009/2010: Lulusan Terbaik dari Kampus Terbaik

Lamdamatra Arliyando - Sabtu, 10 April 2010, 15:38:22

BANDUNG, itb.ac.id - "Wisuda hari ini memiliki arti yang penting, karena masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia mendapatkan kembali putra putri terbaiknya yang telah menjadi putra putri terdidik dan terlatih dari kampus terbaik." Pernyataan ini disampaikan oleh Rektor ITB Prof. Akhmaloka, PhD dalam pidato sambutan rektor pada wisuda kedua tahun ajaran 2009/2010 Institut Teknologi Bandung.

Akhmaloka secara langsung memberikan selamat kepada 1275 wisudawan yang dilantik hari ini. Wisudawan tersebut terdiri dari 759 lulusan program sarjana, 484 lulusan magister, dan 31 lulusan doktor. Sebanyak 140 dari mereka dinyatakan lulus dengan predikat cum laude.

"Saya, atas nama seluruh sivitas akademika ITB, mengucapkan selamat kepada para wisudawan program pendidikan Doktor, Magister, dan Sarjana atas keberhasilannya menyelesaikan studi di ITB," ujar beliau.

Selanjutnya, beliau berpesan kepada para wisudawan agar dapat berkontribusi maksimal bagi kemaslahatan masyarakat, bangsa, dan negara. "Saya ingin mengingatkan bahwa bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya saudara untuk bangkit menjadi bangsa yang besar," pesan beliau.

Pada kesempatan ini, beliau juga mengucapkan selamat atas prestasi-prestasi yang diraih oleh putra-putri ITB sejak Oktober 2009 hingga saat ini. Prestasi tersebut meliputi pencapaian membanggakan yang diraih oleh mahasiswa, dosen, dan unit-unit kemahasiswaan yang ada di ITB.

Bagi Akhmaloka sendiri, wisuda kali ini merupakan sebuah agenda pribadi yang berbeda. "Wisuda kali ini merupakan wisuda ITB di mana saya hadir pertama kali dalam kapasitas sebagai rektor ITB," aku beliau. Prof. Akhmaloka baru dilantik menjadi rektor ITB pada 29 Januari lalu.

Saat ini, menurut review yang dilakukan oleh 4 International Colleges & Universities (4icu), ITB berada pada posisi ke-30 di dunia. Review ini juga memosisikan ITB pada peringkat 11 di Asia sekaligus menjadi yang teratas di Indonesia.

 

Pidato Wakil Wisudawan
Menyambung pidato yang disampaikan oleh rektor ITB, Yulia Prihatin selaku wakil wisudawan ITB mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantunya meraih titik bersejarah dalam hidupnya ini. Dalam pidatonya, dia menyampaikan pesan pada rekan-rekannya agar terus belajar untuk memacu perkembangan zaman.

"Titik ini hanyalah akhir kita belajar secara formal, namun merupakan awal dari proses belajar mandiri kita selanjurnya," ujar dia.

Dia mengakui telah mendapatkan banyak hal selama menimba ilmu di kampus ITB. Yulia mengatakan bahwa tidak hanya ilmu pengetahuan yang ia dapatkan tapi juga nilai-nilai kehidupan yang nantinya akan menjadi bekal untuk terjun ke masyarakat.

"ITB telah dikenal sebagai kampus yang telah melahirkan begitu banyak pemimpin dan tokoh penting di setiap aspek dalam roda pembangunan dan berperan dalam kemajuan bangsa ini. Dan hendaklah akan terus seperti ini untuk sekarang dan nantinya. Amin," ungkap wisudawan Program Magister Teknik Sipil ITB ini.

andz