Berita / Utama

Bamboo Design Exhibition Workshop, Kembangkan Potensi Pemanfaatan Bambu di Indonesia

kikywikantari - Kamis, 18 Maret 2010, 17:07:03
BANDUNG, itb.ac.id - Bamboo Design  Exhibition Workshop merupakan hasil kerjasama Mushashino Art University dan ITB untuk memperkenalkan berbagai jenis kerajinan dan produk dari bambu yang artistik. "Acara yang diadakan dari tanggal 4 sampai 8 Maret 2010 ini bertujuan untuk mempererat kerjasam ITB dan Mushashino Art and University, Jepang" ujar Anastasia S. (Desain Produk '07), ketua pelaksana acara,  saat ditemui Kantor Berita pada hari Senin (08/03/10)

Bamboo Design  Exhibition Workshop diadakan di Campus Center Timur dengan menyajikan pameran, seminar, dan workshop. Berbagai karya baik dari Institut Teknologi Bandung maupun Mushashino University dipamerkan. Salah satu contoh adalah kubah dari struktur polyhedric yang didesain oleh Takaaki Bando.

"Bamboo Design Exhibition Workshop ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi, bahkan mahasiswa Jepang pun mengikutinya," tegas Anastasia menyatakan antusiasme para peserta.

 

Untuk menutup acara ini, diadakan seminar bertajuk "Bamboo Design and Sustainable Life" pada hari Senin (08/03/10). Seminar yang diadakan di Auditorium Campus Center Timur ini diisi oleh dosen dari Mushashino Art University dan ITB, antara lain adalah Takaaki Bando, Shingo Miyajima, Shinichi Ito, Purwito, Dr. Dwinita Larasati, M.A. (FSRD ITB), dan Dr. Dudy Wiyancoko (Desain Produk, FSRD ITB).

Mengapa Bambu ?

 

Kerjasama ITB dan Mushashino Art University kali ini mengangkat bambu untuk dijadikan sebagai material untuk pembuatan suatu produk. Hal ini dikarenakan bambu sebagai salah satu material alami yang mudah ditemukan. Beragam kreasi juga bisa dihasilkan oleh bambu. Di Indonesia pemakaian bambu terbatas untuk dijadikan produk tertentu, padahal bambu adalah material yang dapat dibentuk dengan baik. Dengan terselenggaranya acara Bamboo Design Exhibition Workshop ini diharapkan pemanfaatan bambu di Indonesia dapat lebih meningkat, tidak hanya di produk tertentu saja.

[Vernida Mufidah]