Berita / Utama

The Power of Women: Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia

prita - Senin, 15 Maret 2010, 16:47:17
BANDUNG,itb.ac.id - Dewasa ini peran perempuan dalam pembangunan bangsa semakin diperlukan. Hampir di setiap bidang kehidupan, perempuan sudah dapat merambah dan menancapkan eksistensinya. Namun di lain pihak masih banyak perempuan yang bingung dengan hidupnya. Perempuan belum menyadari potensi dan peluang-peluang yang dimilikinya untuk berkontribusi dalam membangun peradaban.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, LSM Lingkar Perempuan bekerja sama dengan Annisa Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB menyelenggarakan Training motivasi dan Up Grading Skill "The Power Of Woman: Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia" pada Sabtu-Minggu, (6-7/03/10) di Auditorium Pusdiklat Geologi Jl. Cisitu Lama No. 37 Bandung.

"Perempuan sebagai salah satu elemen masyarakat mempunyai peranan yang signifikan dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa," tutur Febi Mutia, S.T. alumni Teknik Pertambangan ITB selaku koordinator seminar. Latar belakang terselenggaranya seminar sendiri antara lain untuk memberi kesadaran bagi para perempuan agar selalu menggali potensi yang dimiliki sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia

Karakteristik dan keberadaan perempuan secara sosial menegaskan bahwa kontribusi dan peran aktifnya begitu bermanfaat bagi kaum perempuan itu sendiri dan masyarakat pada umumnya. Menyadari potensi perempuan Indonesia yang besar tersebut, khususnya usia perempuan produktif, pembimbingan dan pengarahan bagi kaum perempuan muda agar masa usia emasnya dapat menghasilkan karya unggul pun dianggap penting.

Seminar The Power of Women hadir dengan tujuan membantu perempuan membangun mindset positif dan mengenal diri sendiri, memberi gambaran dalam merumuskan impian, tujuan dan rencana hidup, menentukan prioritas hidup, serta membuat dan mengaplikasikan manajemen waktu yang efektif. Karena dengan hal-hal tersebut bisa menjadikan seorang perempuan menjadi perempuan cerdas, berdaya, dan bahagia. "Seorang perempuan cerdas, berdaya dan bahagia tentu menjadi jauh lebih produktif dan bisa berkontribusi dalam banyak hal ketika sudah menyadari segala macam potensi yang dimilikinya," ungkap Febi di sela-sela seminar.

Training motivasi dan up grading skill "The Power of Women" diisi oleh pembicara-pembicara yang ahli dalam bidangnya diantaranya Arfiana Rafnialdi, S.T. (pengajar softskill/Sistem Sukses Di Kampus ITB), Gun Gun Saptari Hidayat, S.T. (National Speaker K-System International), dan Henry Baskoro, S.T. (Pengusaha dan tokoh jaringan pengusaha muslim jawa Barat).

Sekilas tentang LSM Lingkar Perempuan

Lembaga ini berdiri sejak 2007 atas inisiasi beberapa orang alumni ITB yang memiliki visi untuk pemberdayaan perempuan secara menyeluruh. LSM Lingkar Perempuan yang biasa disebut Circle of Women (CEWE) memiliki kegiatan antara lain training dan peningkatan kemampuan hidup, advokasi dan pelayanan pada perempuan, serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

Saat ini CEWE lebih fokus pada kegiatan yang bersifat pendidikan dan pembinaan ketrampilan. Beberapa kegiatan rutinnya yaitu Training The Power of Woman, talkshow perempuan dan pelatihan ketrampilan. LSM Lingkar Perempuan ini berlokasi di Jalan Rereng Barong No. 53 Sukaluyu, Bandung, Jawa Barat.