MBWG ITB Raih Peringkat 4 Kompetisi Marching Band Tingkat Nasional

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Berlokasi di Istora Senayan Jakarta, Marching Band Waditra Ganesha (MBWG) mengikuti sebuah kejuaraan marching band tingkat nasional, Darunnajah Marching Band Competition 2010 (DMC 7th) pada tanggal 20 hingga 21 Februari 2010 lalu. DMC 7th merupakan kejuaraan marching band yang diikuti oleh Divisi TK, Divisi Junior, Divisi Senior, Divisi Open Class, Divisi Drum Battle dan Divisi Guard Contest.
Berawal dari bulan November 2009, kepanitiaan MBWG menyiapkan proposal untuk kerjasama sponsorship dan mencari dana dengan usaha mandiri untuk akomodasi dan transportasi ke Jakarta, serta untuk biaya pembuatan kostum dan properti. Sebelumnya, MBWG mengadakan audisi untuk merekrut pemain kompetisi ini, hingga terpilih 25 peserta. Latihan intensif dimulai di bulan Januari-Februari. Dari tanggal Januari hingga Februari 2010, peserta secara intensif latian setiap hari dari siang hingga malam. Selain latihan rutin tersebut, peserta selama empat kali mengikuti latihan Training Camp di GSG ITB di hari Sabtu. Paket penampilan dikemas oleh tim pelatih yang terdiri dari anggota dan alumni MBWG juga.

Di DMC 7th ini, MBWG mengikuti Color Guard Contest. Color Guard sendiri merupakan unsur dari marching band yang memadukan seni gerak dan visual yang mengilustrasikan sebuah cerita atau tema tertentu. Berkat persiapan yang baik , MBWG mendapatkan peringkat 4 di DMC kali ini serta membawa pulang 5 piala kategori: yaitu juara harapan 2 busana tim, harapan 2 individual movement analysis, harapan 3 individual equipment analysis, harapan 1 ansamble analysis, dan harapan 1 general effect.

Para peserta MBWG yang mengikuti DMC ini mengaku, kompetisi ini membuat skill para pemain Color Guard meningkat pesat. "Latihan dan perjuangan yang berat membuat kami terharu mendapatkan imbalan piala yang cukup memuaskan. Dan yang paling kerasa adalah kenangan2 yg ada selama kami menempuh perjuangan tersebut," ungkap salah seorang peserta.

Tahun ini, MBWG berencana akan mengikuti Grand Prix Marching Band (GPMB) 2010, yaitu kompetisi nasional MB paling bergengsi di Indonesia. Semoga di kesempatan berikutnya MBWG bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi di kontes-kontes nasional lainnya.

scan for download