ITB Fair 2010 : Warna Unik Acara dalam Urban Site

Oleh kikywikantari

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Tidak hanya stan-stan dan seminar-seminar besar yang memeriahkan itb fair 2010. Urban Site, salah satu rangkaian acara ITB Fair 2010, menampilkan sebuah pertunjukan yang tak kalah menarik dan unik. Brand-brand Skateboard di Bandung unjuk gigi di Urban Site. Tidak hanya Skateboard, penampilan Capoeira ITB pun membuat penonton terpana.

Lapangan Campus Centre Timur, Sabtu (6/2/10) kemarin menjadi sangat ramai. Penonton takjub dan terpesona memerhatikan atraksi yang dilakukan oleh pemain skateboard (skaters). Sesekali mereka berteriak, menahan nafas, dan bertepuk tangan menyoraki setiap trik yang dilakukan skaters.

Skaters
tersebut sengaja diundang mengisi acara Urban Site ITB Fair 2010. Mereka berasal dari berbagai komunitas yang ada di Bandung. Melalui Urban Site mereka memperkenalkan diri pada segenap pengunjung itb dan menunjukkan eksistensi mereka.

"Ini kesempatan bagus untuk memperkenalkan diri. Acara ini besar dan siapa pun yang datang bisa menonton," kata Firman, skater sekaligus pendiri Heaven Skateboard.Lebih lanjut Firman mengatakan bahwa banyak juga anak-anak skate lulusan ITB. Di ITB sendiri pun ada banyak lokasi yang 'skateable'.

Berbagai trik skateboard ditampilkan di Urban Site, seperti Ollie, Flip tricks, Kickflip, dan lain sebagainya. Sesekali para skater tersebut jatuh. Tapi mereka sama sekali tidak takut mengulanginya lagi. "Bermain skate itu memberikan kepuasan tersendiri. Ketika lo berhasil dengan satu trik dan trik lainnya, ada rasa puas dalam diri lo. Ibaratnya, mencetak gol saat main bola," papar Firman.

Selain pertunjukkan skateboard, acara Urban Site juga menampilkan pertunjukan yang apik dari Capoeira itb. Para pemainnya bergerak mengiringi musik sehingga menampilkan tarian yang energik dan menarik. Gerakan-gerakannya seperti bela diri yang kuat. Sesekali mereka berputar di udara dan melakukan rolling. Penonton menghadiahi mereka dengan gumaman "wow" dan tepuk tangan keras.

Skaters dan Capoeira tampil di ITB Fair memenuhi undangan dari panitia. Ketua divisi pertunjukan, Bunga Noviana Putri, mengatakan bahwa Urban Site bertujuan menunjukkan bahwa prestasi non-akademik juga patut diancungi jempol. "Saya ingin menunjukkan bahwa kita bisa mencapai prestasi non-akademik," katanya.

Berdasarkan juklak acara, Urban Site seharusnya tidak hanya dimeriahkan oleh penampilan Skateboard dan Capoeira. Komunitas Mural, BMX, Street Magician, Ganesha Bicycle ITB, serta Parkour and Freerunning Bandung menurut rencana juga menjadi bagian dari acara. Namun sayang, cuaca yang tidak mendukung memaksa penampilan lainnya menjadi tertunda.

[Nofri Andis]


scan for download