Berita / Utama

Malam Purna Bakti dan Peluncuran Buku Prof. Frans Mardi Hartanto

niken - Jumat, 29 Januari 2010, 11:05:36
BANDUNG, itb.ac.id - Jum'at, 22 Januari 2010, pukul 19.00-22.00 WIB, bertempat di Gedung Aula Barat ITB, telah diadakan acara Malam Purna Bakti dan Peluncuran Buku Prof. Frans Mardi Hartanto, Ph.D yang berjudul "Paradigma Baru Manajemen Indonesia, Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani".

Selama ini, manajemen suatu perusahaan becermin pada negara- negara Barat seperti Amerika Serikat. Selain itu, buku-buku dan pemikiran yang menawarkan model bisnis yang dijanjikan akan meningkatkan kinerja perusahaan dalam era yang sangat dinamis dan kompetitif ini. Tapi, ketika AS runtuh, muncul pertanyaan apa yang salah dengan sistem bisnis yang diterapkan negara Barat. Dalam buku berjudul "Paradigma Baru Manajemen Indonesia", beliau memaparkan suatu konsep manajemen yang sangat fundamental sekaligus sederhana karena karakter dan intelek yang dimiliki oleh setiap manusia dapat menciptakan nilai-nilai virtual perusahaan yang kuat dan tak mudah digoyang isu. Buku ini membantu pembaca untuk memahami bahwa manusia punya potensi sebagai makhluk cerdas, berhati nurani, dan jika bekerja dengan sepenuh hati akan menghasilkan prestasi yang luar biasa.
Prof. Frans Mardi Hartanto lahir di Semarang pada 1940, beliau adalah alumni ITB Angkatan 1958, setelah menempuh pendidikan pascasarjananya di George Institut of Technology, Atlanta dan University of Minnesota AS pada 1986 beliau menjadi Guru Besar Program Studi Teknik Manajemen Industri Fakultas Teknologi Industri ITB dan pensiun pada 2005. Selain sebagai Guru Besar, Prof. Frans Mardi Hartanto juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Tenaga Kerja pada 1990 dan menjadi Chief Country Investigator di dalam proyek penelitian internasional GLOBE (Global Leadership and Organization Behavior Program) yang melibatkan lebih dari 60 universitas di seluruh dunia.
Acara Â"Malam Purna Bakti dan Peluncuran BukuÂ" bersama Prof. Frans Mardi Hartanto diawali dengan acara makan malam dan ramah tamah diiringi rampak kendang dari Lingkung Seni Sunda (LSS) mahasiswa ITB, sambutan-sambutan, pidato purna bakti, dan diakhir acara diisi dengan bedah buku oleh Betty Alisyahbana dan Prof. T. Hani Handoko (dari UGM), hadir pada kesempatan tersebut Pimpinan Fakultas Teknologi Industri, dosen-dosen dari Program Studi Teknik Industri, serta para alumni Teknik Industri.