ITB Sapu Bersih Gelar OSN PTI 2009

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

JAKARTA, itb.ac.id - Mendominasi grand finalis di tiga bidang, ITB akhirnya memborong tiga gelar peserta terbaik di Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN PTI) Pertamina 2009. ITB menyapu bersih gelar peringkat pertama di tiga bidang yang dikompetisikan, yaitu Kimia, Fisika, dan Matematika, termasuk gelar Peserta Terbaik.

Dari sembilan finalis OSN PTI Pertamina 2009 yang maju ke babak grand final untuk dipilih sebagai tiga peserta terbaik yang diumumkan Rabu (09/12/09) malam di Gedung Dikti Depdiknas, Jakarta, ITB menyapu bersih semua gelar peringkat pertama di tiga bidang yang dikompetisikan, yaitu Kimia, Fisika, dan Matematika.

Mereka adalah Boanerges Thendi Surya (Juara I Bidang Kimia), Andhika Putra (Juara I Bidang Fisika), serta R Akbar WK (Juara I Bidang Matematika). Atas keberhasilannya itu, masing-masing dari mereka berhak mendapatkan hadiah uang Rp 7,5 juta. Selain itu, ketiganya juga berhak membawa pulang uang senilai Rp 10 juta sebagai hadiah peserta terbaik.

Menurut Dewan Juri OSN PTI Pertamina 2009, Abdul Haris, kemenangan itu membuktikan bahwa ITB melakukan pembinaan dengan sangat baik. "Secara keseluruhan kita masih akan melakukan perbaikan, termasuk dari sistem penilaian karena penyelenggaraan kali ini masih berupa kompetisi terbuka, sehingga masih didominasi oleh Pulau Jawa," ujarnya.

ITB Dominasi Final OSN PTI 2009

Sembilan peserta Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN PTI) Pertamina 2009 maju ke babak grand final untuk dipilih sebagai tiga peserta terbaik. Kesembilan finalis itu mewakili tiga bidang, yaitu Fisika, Matematika, dan Kimia.

Peserta dari ITB mendominasi babak grand final OSN PTI Pertamina 2009 ini. Untuk bidang Fisika antara lain diraih oleh M.Firmansyah Khasim (ITB), Radius Nagassa SSD (ITB), serta Andhika Putra (ITB), sedangkan bidang Matematika diraih oleh Ahmad Maimun (UI), Hendra H.C (ITB), serta R.Akbar W.K (ITB).

Sementara bidang Kimia dipegang oleh Citra Deliana (ITB), Aulia Sukma (ITB), serta Boanerges Thendi Surya (ITB). Artinya, ITB berhasil menempatkan delapan pesertanya, sedangkan satu peserta lainnya di luar ITB berasal dari Universitas Indonesia.

Dari sembilan finalis tersebut, Rabu (9/12) malam, dipilih menjadi tiga peserta terbaik dari masing-masing bidangnya. Juara I berhak mendapatkan hadiah uang Rp 7,5 juta, juara II Rp 5 juta, dan juara III Rp 2,5 juta.

10.418 pendaftar ramaikan OSN PTI 2009

Sementara itu, menurut Sekretaris Perseroan PT Pertamina (Persero), Toharso, pelaksanaan OSN PTI tahun ini cukup menggembirakan karena pesertanya semakin bertambah. Pada 2008, OSN PTI diikuti oleh 4.666 mahasiswa atau melebihi target semula, yaitu 2.000, sementara tahun ini peserta yang mengikuti olimpiade mencapai 8.800 peserta dari target 10.000.

"Yang mendaftar mencapai 10.418, sampai akhirnya yang benar-benar mengikuti hanya berjumlah 8.800," ujar Toharso.

 

sumber:
kompas.com dengan perubahan


scan for download