Berita / Utama

UPT OR Targetkan Semua Mahasiswa ITB Bisa Berenang

kikywikantari - Selasa, 8 Desember 2009, 13:35:59
BANDUNG, itb.ac.id- UPT Olah Raga ITB bekerja sama dengan Unit Renang dan Polo Air (URPA) memulai program les renang gratis bagi mahasiswa ITB Rabu (2/12/2009) lalu. Program ini diadakan UPT OR setelah renang dihilangkan dari pilihan mata kuliah Olah Raga. "Setidaknya mereka tidak tenggelam pada saat kondisi mereka harus berenang." Kata ketua URPA, Aditya Tanuwijaya.

Peserta les renang gratis ini terbuka untuk semua mahasiswa ITB dan tidak dipungut biaya apapun. Sebanyak 34 peserta telah mendaftar dalam program ini. "Dua orang mahasiswa S2," kata Aditya.

Sedangkan pelatih kegiatan ini adalah anggota URPA dan beberapa pelatih yang didatangkan dari UPI. "Yang bisa kami pegang, kami yang melatih. Yang tidak bisa, UPT OR mencarikan pelatih lain." Jelas dia.

Kegiatan ini diharapkan bisa melatih kemampuan renang semua mahasiswa ITB dan berjalan sepanjang tahun. Tidak perlu khawatir tenggelam karena pelatih selalu setia memantau setiap gerakan peserta.

Salah satu peserta les renang gratis UPT OR - URPA Aggita Ratnasari, mahasiswa Teknologi Game, Program Pascasarjana ITB mengaku terbantu oleh program ini. Dengan sebuah pelampung di tangan, wanita berjilbab ini berusaha mengayuhkan kaki agar tubuhnya dapat mengambang di air.

"Saya ikut supaya bisa berenang. Sekarang sudah diajari cara berenang yang benar serta teknik pernafasan," ujar Anggita Minggu (06/12/2009). Ia sekarang sudah bisa mengambang di air padahal ini baru pertama kali ia mengikuti program ini.
Beberapa teknik dasar renang akan diajarkan pada les renang gratis ini, seperti latihan pernafasan, gaya dasar meluncur, water trap, dan lain sebagainya.

Salah seorang pelatih dari URPA Ibrahim Kunto mengaku prihatin jika masih ada mahasiswa ITB yang tidak bisa berenang. "Sayang juga, ITB punya kolam renang, tapi tidak dimanfaatkan untuk belajar renang." Ujar dia.

Les renang ini diadakan selama dua jam pada hari Senin dan Rabu mulai pukul 15.00, Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00. Hari Senin khusus untuk wanita.

[Nofri Andis]