Lomba Paduan Angklung Mewarnai FPA XII ITB

Oleh kikywikantari

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Salah satu dari rangkaian acara Festival Paduan Angklung (FPA) XII ITB yang berlangsung pada tanggal 16-21 November 2009 adalah Lomba Paduan Angklung untuk kategori Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi dan Umum. Berlangsung di Aula Barat ITB, membawakan lagu-lagu populer lokal dan mancanegara, seperti; Merpati Putih, Que Sera Sera, Somewhere Out There, dan lagu-lagu populer lainnya dalam bentuk aransemen ulang.
Para pemenang lomba angklung untuk kategori SD, yaitu: Juara I dimenangkan oleh SD Isola 2 Bandung, Juara II dimenangkan oleh SD Bianglala Bandung, dan Juara III dimenangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Negeri Plumpang Jakarta. Dewan juri yang menilai untuk kategori SD adalah Budi Supardiman dan Bye Saprudin.

Untuk kategori SMP, Juara I dimenangkan oleh SMP Negeri 1 Balikpapan, disusul dengan perbedaan poin tipis,  Juara II dimenangkan oleh SMP Pasundan 1 Bandung, dan Juara III dimenangkan oleh SMP Negeri 1 Subang. Dewan juri yang menilai untuk kategori SMP adalah J. F. Susilo dan Irma Noerhaty.

Sedangkan untuk kategori SMA, Juara I dimenangkan oleh SMA Negeri 3 Bandung, dengan jumlah poin terbanyak meninggalkan jauh saingannya yang meraih Juara II yaitu SMA Pasundan 1 Bandung, dan Juara III dimenangkan oleh SMA Negeri 5 Bandung. Untuk kategori SMA ini, dinilai oleh dewan juri Obby A. R. Wiramihardja, dan Eddy Permadi.

Juara I Kategori Perguruan Tinggi dan Umum diraih oleh Gentra Seba STBA, disusul oleh Keluarga Bumi Siliwangi (Kabumi) yang menduduki Juara II dan Juara III diraih oleh Temen AWI Angklung Orchestra. Untuk kategori tersebut, dinilai oleh dewan juri Handiman Diratmasasmita dan Asep Suhada.

Para juara berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,00 untuk Juara I, Rp 3.000.000,00 untuk Juara II dan Juara III mendapatkan Rp 2.000.000,00.

KPA Gita Bahana Mempersiapkan Perlombaan dengan Berkolaborasi Bersama Marching Band

Salah satu peserta Lomba Paduan Angklung yang mempersiapkan penampilannya dalam FPA XII ITB dengan matang adalah KPA Gita Bahana dari SMP Negeri 1 Balikpapan yang berpartisipasi di dalam kategori SMP. Tim ini menurunkan 35 orang pemain angklung, sesuai dengan ketentuan lomba yang berlaku.

Jauh-jauh datang dari Pulau Kalimantan tidak membuat keberanian para murid SMP Negeri 1 Balikpapan berkurang. Justru mereka semakin bersemangat untuk terus berlatih menjelang waktu berlangsungnya Lomba Paduan Angklung di FPA XII ITB ini. Mereka berlatih dengan Marching Band Gita Bahana yang sudah sering melakukan kegiatan dan mengikuti lomba baik ditingkat daerah maupun nasional dengan hasil dan prestasi yang baik. Oleh karena itu, diharapkan anak-anak dari ekskul marching band dapat memberikan motivasi dan membantu anak-anak dari ekskul angklung untuk berani tampil dalam sebuah lomba.

Dan terbukti, melalui proses latihan dari jauh hari sebelum perlombaan, KPA Gita Bahana berhasil membawa nama SMP Negeri 1 Balikpapan menjuarai Lomba Paduan Angklung FPA XII ITB kategori SMP. Hendaknya semangat berkompetisi ini dapat dijadikan contoh oleh tim dari sekolah lainnya yang mengikuti FPA ITB pada tahun selanjutnya.

scan for download