Ekskursi Mahasiswa Program Studi Mikrobiologi Angkatan 2007 ke Singapura

Oleh niken

BANDUNG, itb.ac.id - Kegiatan ekskursi ini merupakan program rutin tahunan yang diadakan program studi Mikrobiologi sejak tahun 2006. Pada tahun 2009 untuk pertama kalinya kegiatan ini diadakan ke luar negeri atau pada skala internasional. International Excurtion Microbiology ITB 2009 merupakan perjalanan mengunjungi beberapa perusahaan dan institusi pendidikan yang berada di Singapura yang memiliki keterkaitan dengan keprofesian dan pendidikan Mikrobiologi, khususnya dari empat bidang keilmuan dari program studi Mikrobiologi yaitu : Mikrobiologi Sains, Mikrobiologi Industri, Mikrobiologi Lingkungan, dan Mikrobiologi Kesehatan.
International Excurtion Microbiology ITB tahun 2009 berlangsung di Singapura selama 5 hari dari tanggal 10 November Â- 14 November 2009. Daftar perusahaan dan institusi yang dikunjungi adalah : National University of Singapore (NUS), Genome Institute of Singapore, Novartis Institute for Tropical Diseases, Mycofarm Pte Ltd, NEWater Pte Ltd, Yakult Pte Ltd dan Singapore Science Center. Di setiap tempat kunjungan kami diberi pengarahan mengenai kegiatan di tempat bersangkutan kemudian diajak melihat fasilitas produksi atau fasilitas laboratorium.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mikrobiologi ITB dapat lebih memahami aplikasi ilmu mikrobiologi dalam bidang industri dan berbagai aspek yang terkait dengan mikrobiologi misalnya tentang proses produksi produk-produk mikrobiologi, kontrol kualitas produk, mikrobiologi lingkungan dan aplikasi teknik molekular. Dengan demikian, mahasiswa Mikrobiologi dapat melihat gambaran mengenai dunia kerja yang sesungguhnya secara langsung. Selain itu kegiatan ini juga dapat berguna untuk melihat dan menganalisis perkembangan aplikasi teknologi mikrobiologi berskala dunia industri internasional. Dengan bekerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana antara mahasiswa Mikrobiologi dalam memupuk rasa kebersamaan dan saling memiliki, selain itu juga dapat sebagai sarana dalam mengasah soft-skill dan meningkatkan kemampuan berorganisasi mahasiswa Mikrobiologi.