Kunjungan Profesor Usui dari Universitas Kobe ke FTMD

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara menerima kunjungan Profesor (Emeritus) Hiromoto Usui pada Selasa (01/09/09). Profesor Usui saat ini menduduki posisi Presidential Aide, yang bertugas memberikan saran ataupun melaksanakan tugas khusus dari Rektor Universitas Kobe.
Senin (31/08/09), Profesor Usui bertemu dengan Dr. Andi Isra Mahyudin selaku Dekan FTMD, Dr. Hari Muhammad selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Yatna Yuwana Martawirya selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, serta beberapa Dosen FTMD diantaranya Prof.Dr.Ir. Aryadi Suwono, Dr. Yuli Setyo Indartono, dan Dr.Ir. Iman Kartolaksono Reksowardojo. Dalam pertemuan ini dibahas mengenai berbagai kemungkinan kerjasama yang bisa dibangun antar dua institusi, baik pada tingkat perguruan tinggi ataupun tingkat fakultas. Pada akhir pertemuan, disimpulkan bahwa perlu diadakan pertemuan lanjutan yang lebih intensif guna mewujudkan kerjasama tersebut.

Usai pertemuan dengan Pimpinan FTMD, Profesor Usui menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa laboratorium di lingkungan FTMD, yakni Lab. Motor Bakar dan Sistem Propulsi, Lab. Rekayasa Termal, dan Lab. Termodinamika. Di setiap laboratorium yang dikunjungi, Profesor Usui melakukan diskusi dengan pengelola laboratorium berkenaan dengan riset-riset yang sedang dilakukan di laboratorium tersebut.

Bertempat di Ruang Seminar FTMD, pada pukul 08.00-10.00, Profesor Usui memberikan kuliah umum untuk mahasiswa S1-S3 dengan judul ""Application of Rheology for the Energy Saving in Air Conditioning System". Pada kuliah umum tersebut, Profesor Usui menjelaskan pengalaman beliau selama kurun waktu 40 tahun dalam mempelajari efek drag reduction dan aplikasinya untuk mengurangi turbulensi secara signifikan. Efek drag reduction, yang merupakan salah satu topik utama riset Profesor Usui, yang saat ini telah dimanfaatkan di banyak gedung di Jepang untuk menurunkan energi pemompaan chilled water. Di Indonesia, teknologi serupa sedang dicoba untuk diaplikasikan di Laboratorium Termodinamika oleh Profesor Aryadi Suwono dan Dr. Yuli Setyo Indartono untuk menurunkan konsumsi energi sistem pengkondisian udara

scan for download