MWA ITB Pilih Sepuluh Bakal Calon Rektor ITB 2010-2014

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Melalui Sidang Pleno yang diadakan pada Sabtu (12/09/09), Majelis Wali Amanat ITB (MWA) telah memutuskan dan menetapkan 10 nama Bakal Calon Rektor ITB 2010-2014 dari 22 Nomine. Sidang Pleno yang dipimpin langsung oleh Ketua MWA, Yani Panigoro ini dihadiri para anggota yang berasal dari berbagai perwakilan, yakni wakil masyarakat, wakil mahasiswa, wakil pegawai, wakil Senat Akademik, wakil dari Gubernur Jawa Barat, dan Rektor ITB. "Sidang pleno MWA berlangsung dengan sangat terbuka dimana para anggota MWA sangat proaktif dalam menyampaikan pendapatnya", menurut Yani Panigoro.

Sebelum masuk ke Sidang Pleno MWA, 22 Nomine mengikuti proses diskusi panel yang dilaksanakan pada Selasa-Rabu (8-10/09/09). Panelis terdiri dari Prof. Hariadi P. Soepangkat (tokoh Senior ITB, sekaligus mantan Rektor ITB 1980-1988), Prof. Hariono A. Tjokronegoro dan Prof. Enri Damanhuri (wakil Majelis Guru Besar ITB), Prof. Tommy Firman dan Prof. Alibasyah Siregar (wakil Senat Akademik ITB), serta Betti S. Alisjahbana dan HS. Dillon, PhD (wakil Majelis Wali Amanat ITB).

Faktor-faktor yang dijadikan pertimbangan meliputi integritas, komitmen, kepemimpinan yang arif (dalam hal ini termasuk keberpihakan), jiwa kewirausahaan (termasuk kreativitas dan inovasi), wawasan, kemampuan managerial, dan pengalaman memimpin lembaga pendidikan dan penelitian. Betti Alisjahbana, ketua panel diskusi, mengatakan bahwa proses berlangsung sangat kondusif."Banyak Nomine muda yang sangat luar biasa dan berpotensi menjadi pemimpin ITB masa depan." terangnya.     
 
Kesepuluh Bakal Calon tersebut adalah :

   1. Adang Surahman, Prof.Dr.Ir. M.Sc

   2. Akhmaloka, Dr.
       
   3. Deny J.Puradimaja, Prof.Dr.Ir. DEA

   4. Ichsan Setya Putra, Dr.Ir.

   5. Intan Ahmad, Dr.

   6. Indra Djati Sidi, Ph.D .

   7. Irwandy Arif, Prof.Dr.DEA, MSc

   8. Isnuwardianto, Dr. Ir.

   9. Rizal Z. Tamin, Prof.Dr.Ir.

  10. Suhono H Supangkat, Prof.Dr.Ir. M.Eng, CGEIT

Kesepuluh Bakal Calon Rektor tersebut akan mengikuti proses pemilihan rektor selanjutnya yang terdiri dari :
Proses di Senat Akademik (SA)                   10-30 Oktober 2009
Interaksi masyarakat dengan Bakal Calon    10 Oktober 2009
Interaksi SA dengan Bakal Calon                 17 Oktober 2009
Proses Seleksi di MWA                                20 Nov-5 Des 2009

Info lebih lanjut :
Dapat dilihat di dokumen terlampir, situs: http://rektorkita.itb.ac.id, dan contact person Dr. Benno Rahardyan di 022-2510500 dan email panitia@rektorkita.itb.ac.id


scan for download