Proficio Days KM-ITB, Workshop Penulisan Proposal Karya Tulis Ilmiah

By asni jatiningasih

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB, Jumat (28/09/09) dan Sabtu (29/09/09), menyelenggarakan Proficio Days, talkshow keprofesian dan workshop penulisan proposal karya tulis. Proficio days bertujuan mengenalkan hakikat keprofesian dan cara membangun komunitas berbasis keprofesian.
Dalam workshop hari kedua, acara lebih ditekankan kepada tata cara penulisan proposal karya tulis ilmiah. Dalam workshop dijelaskan bahwa unsur penting dalam menulis karya tulis ilmiah, diantaranya:

    * Topik, yang merupakan pokok pikiran, ide, gagasan, atau persoalan.
    * Tema, yang merupakan topik yang sudah terbatas dan bertujuan
    * Judul, yang merupakan pencerminan isi gagasan
    * Rumusan masalah, yang menjawab bagaimana judul
    * Tujuan, untuk mengetahui lebih jauh rumusan masalah.

Dalam bahasan tersebut, topik disarankan menarik, aktual, problematik, memiliki pengetahuan dasar, bermanfaat, data mudah diperoleh, dan terbatas. Sedangkan judul disarankan agar menarik, singkat, padat, menggambarkan isi, sesuai topik, mengandung kata operasional, minimal dua variabel, tidak bermakna ganda, dan diungkapkan dalam bentuk frasa.

Selain unsur-unsur dari karya tulis ilmiah, karakteristik sifat karya tulis ilmiah yang baik juga turut disampaikan, yakni:

    * Aktual, hangat dibicarakan.
    * Faktual, berdasarkan fakta
    * Menarik, enak dibaca, perlu, dan membangkitkan minat pembaca untuk mengetahui lebih banyak dan lebih jauh
    * Efektif, lebih banyak yang diingat daripada yang terlupakan
    * Efisien, lebih sedikit memerlukan waktu dan usaha daripada biasanya

Terakhir, disebutkan mengenai bagian-bagian dari proposal formal, yaitu sebagai berikut:

    * Latar belakang
    * Rumusan masalah/bahasan masalah
    * Tujuan
    * Manfaat
    * Landasan Teori
    * Metodologi
    * Tahapan penelitian
    * Pustaka

Di sesi terakhir dari workshop penulisan proposal karya ilmiah disebutkan beberapa pesan mengenai penyampaian gagasan, ciri karya tulis ilmiah, dan bahasa ragam ilmiah.penyampaian gagasan disarankan komunikatif, menggunakan logika, dan objektif. Ciri karya tulis ilmiah, yaitu tuntas, objektif, sistematis, cermat, lugas, berlaku umum, bahasa baku dan efektif, rasional, kritis, dan muktahir. Ciri bahasa ragam ilmiah yaitu, baku, logis, kuantitatif, denotatif, tidak taksa, ringkas, dan runtun.

Selain workshop, Proficio days diisi dengan talkshow keprofesian mengenai hakikat keprofesian dan pengembangan komunitas keprofesian, juga pameran poster dan karya mahasiswa.