Berita / Akademik

ITB Raih Medali di Ajang Olimpiade Internasional

prita - Jumat, 24 Juli 2009, 10:15:13
BANDUNG, itb.ac.id - Di tengah kasus gangguan keamanan di tanah air, ternyata masih ada angin segar dari dunia pendidikan. 4 mahasiswa ITB raih medali perunggu dalam International Scientific Olympiad on Mathematics (ISOM) ke-10 dan International Scientific Olympiad on Chemistry (ISOC) ke-2 di Teheran, Iran pada 15-17 Juli 2009. Dari sepuluh delegasi yang dikirimkan, Indonesia berhasil meraih 6 buah medali perunggu; 3 untuk ISOC dan 3 untuk ISOM.

Keempat orang tersebut adalah Muhammad Arzaki (ISOM), Raden Aditya, Tegar Nurwahyu Wijaya, dan Muhammad Zulkarnaen (ISOC). Sementara dua peraih medali ISOM lainnya adalah Ricky Aditya (UGM) dan Ahmad Agung Ahkam (IT Telkom).

Keikutsertaan Indonesia di ISOC ini merupakan yang pertama kali. Indonesia mengirimkan lima mahasiswa yaitu Muh. Zulkarnaen (ITB), R. Aditya Wibawa A (ITB), Habiburrachman (ITB), Tegar Nurwahyu Wijaya (ITB), dan Muh. Idham DM (UGM).Habiburahaman dan M. Idham Mardjan berada di urutan 9 dan 10. Olimpiade Kimia diikuti 3 negara yaitu Iran, Indonesia dan Syria. Medali emas didominasi oleh Iran, sementara Syria tidak berhasil mendapat medali apapun.

Sedangkan untuk ISOM, Indonesia mengirim 5 orang yaitu Muhammad Arzaki (ITB), Ahmad Agung Ahkam (Institut Tinggi Teknologi Telkom Bandung), Hadrian Andradi (UGM), Novi Murniati (UI), dan Ricky Aditya (UGM). Novi Murniati dan Hadrian Andradi berhasil menduduki peringkat 13 dan 14.

ISOM diikuti 4 negara yaitu Iran, Armenia, Indonesia dan Malaysia. Malaysia yang mengirimkan 10 orang delegasi tidak berhasil mendapat medali apa-apa. Sementara perolehan medali emas masih didominasi oleh tuan rumah Iran yang memang telah lama dikenal unggul dalam bidang tersebut.

Selain ISOC dan ISOM, Indonesia juga mengirimkan delegasi ke ajang International Mathematics Competition (IMC) ke-15 di Budapest, Hungaria pada 25-30 Juli 2009. 4 mahasiswa yang ikut serta yaitu Albert Gunawan (UGM), Yosafat EP Pangalelo (ITB), Rudi Adha Prihandoko (ITB), serta Harun Immanuel (Universitas Airlangga).

sumber:http://www.kompas.com/