Peresmian National Buliding Corner Perpustakaan ITB

By alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Indonesia merupakan sebuah bangsa dengan berbagai macam keragaman. Merupakan sebuah usaha yang tidak mudah untuk menyatukan keragaman tersebut dalam sebuah rasa kebangsaan yang sama. Untuk mendorong proses peningkatan kebangsaan ini, perlu didirikan pusat-pusat informasi yang menghimpun berbagai pemikiran-pemikiran kebangsaan yang pernah ada. Oleh karena itu, bertepatan dengan Peringatan 89 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia, diresmikan pula National Buliding Corner Perpustakaan ITB. Peresmian berlangsung pada Sabtu (04/07/09) bertempat di Aula Barat ITB.

Corner Kebangsaan ini terletak di dalam gedung Perpustakaan Pusat ITB. Beberapa fasilitas yang disajikan berupa kumpulan buku, jurnal, koran, hingga biografi tokoh-tokoh kebangsaan Indonesia. Salah satu hal yang menarik ialah terdapatnya beberapa petuah legendaris dari beberapa tokoh nasional, seperti " Jangan sekali-sekali melupakan sejarah" nya Soekarno pada tahun 1966. Ada pula ucapan Sutan Sjahrir, pada tahun 1952, yang menggugah semangat nasionalis para cendikiawan, " Njatalah bahwa sjarat jang terutama bagi negeri kita ini adalah usaha kaum terpeladjar kita, kaum pemikul kebudajaan kita, untuk menghubungkan kedudukanja, nasibnja, kebudannja, dengan keperluan rakyat kita yang terbanjak..." Selain itu, kita juga dapat menyaksikan dokumentasi berbagai polemik kebangsaan yang pernah terjadi sejak jaman penjajahan hingga sekarang.

Diharapkan, dengan dibukanya Corner Kebangsaan ini, dapat memperkuat semangat kebangsaan dari seluruh elemen kampus seperti mahasiswa, dosen, dan karyawan, hingga masyarakat umum. Selain itu, juga dapat dijadikan model yang dapat dikembangkan di seluruh lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia.

Beberapa foto terkait: