Berita / Utama

Pameran Dimensi Bidang Desain Komunikasi di Jerman

kikywikantari - Selasa, 21 Juli 2009, 07:59:43
BANDUNG, itb.ac.id - Bertempat di Galeri Arsitektur Labtek IXB ITB dan berlangsung pada tanggal 24 Juni-10 Juli 2009, pameran berjudul "Dimensi Bidang" ini diadakan atas kerjasama antara Goethe-Institut Indonesien dengan Kelompok Keahlian Perancangan Arsitektur SAPPK ITB, Perhimpunan Alumni Jerman dan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) - FSRD ITB.Pameran ini menampilkan Desain Komunikasi di Jerman melalui display berupa kontainer yang dapat ditarik laci-lacinya menjadi panel-panel pameran berisi poster-poster dan penjelasan mengenai desain-desain tersebut. Dalam pameran ini ditampilkan lima jenis karya, yaitu: Tipografi (rancangan tulisan), Desain Grafis, Media Digital, Corporate Design (desain dwidimensional), dan Sistem Orientasi (desain dimensi ruang ketiga).

Di pameran ini diperlihatkan karya-karya desainer dari Jerman yang mempresentasikan posisi jasa-jasa komunikatif di permulaan abad ke-21. Karya yang ditampilkan berasal dari hasil penilaian lima pakar desain komunikasi visual kondang, seperti Johannes Erler (Corporate Design), Mike Meire (Desain Grafis), Joadin Sauter (Media Digital), Erik Spiekermann (Tipografi), dan Andreas Uebelle (Sistem Orientasi).

Tidak hanya pameran poster, namun terdapat juga pameran melalui media digital berupa layar yang ditempatkan di dalam kontainer yang memutar film trailer berisi karya-karya pameran dan penjelasan mengenai pameran tersebut. Lalu, disediakan buku-buku desain grafis dan desain komunikasi visual dari Jerman yang dikarang oleh desainer-desainer ternama. Pengunjung dapat membaca buku-buku tersebut di meja yang telah disediakan oleh penyelenggara pameran.

Melalui pameran di Indonesia yang hanya diadakan di ITB ini, dapat diambil contoh perkembangan-perkembangan desain komunikasi di Jerman yang mempengaruhi kemajuan perekonomian negaranya. Ini menjadi bukti bahwa desain berpengaruh pada laju pertumbuhan ekonomi suatu Negara.