Wisuda 18 Juli 2009: Lulusan Terbanyak Dalam Satu Periode Wisuda Sepanjang Sejarah ITB

Oleh asni jatiningasih

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- "Kami Segenap Lulusan Institut Teknologi Bandung Demi Ibu Pertiwi  Berjanji Akan Mengabdikan Ilmu Pengetahuan Bagi Kesejahteraan Bangsa Indonesia Perikemanusiaan dan Perdamaian Dunia  ....". Begitulah penggalan janji lulusan ITB yang diucapkan serentak pada acara sidang terbuka ITB, upacara wisuda sarjana, magister, dan doktor, Sabtu (18/06/09), Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB.


Acara wisuda ketiga tahun akademik 2009/2010 tersebut meluluskan 1475 lulusan program sarjana, magister, dan doktor. "Jumlah kali ini merupakan jumlah lulusan terbanyak dalam satu periode wisuda sepanjang sejarah ITB," ujar Rektor ITB, Prof.Dr.Djoko Santoso, dalam sambutannya.281 diantaranya mendapatkan predikat Cum Laude.

Dalam sesi yang sama, Rektor ITB kembali mengungkapkan komitmen ITB sebagai universitas berbasis riset yang bertanggungjawab untuk membuat inovasi-inovasi konstruktif di dalam iptek dan sumber daya insani. Beberapa prestasi mahasiswa dan dosen ITB yang diraih selama paruh waktu pertama tahun 2009 (setelah wisuda Maret 2009 lalu) diantaranya:
  • Tim "The Power of Dreams" dengan robot Hexapodnya mendapat peringkat pertama dalam kategori robot berkaki pada ajang kejuaraan Kontes Robot Nasional 2009 (KRCI 2009) yang diadakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 6-7 Juni 2009. Kemenangan tersebut menghantarkan mereka ke ajang perlombaan sejenis tingkat internasional di Trinity College, Amerika Serikat.
  • 3 mahasiswa FTSL memperoleh kesempatan untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXII pada tanggal 22-25 Juli 2009.
  • Dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2009 yang diselenggarakan oleh DIKTI dari tanggal 25 Mei-19 Juni 2009 yang diikuti oleh institusi pendidikan tinggi seluruh Indonesia, beberapa mahasiswa ITB menjadi juara.
  • Di tingkat internasional, dua mahasiswa ITB dari Prodi Teknik Informatika STEI menjadi juara The XML Challenge Superstar, sebuah lomba pemrograman atas prakarsa IBM.
  • Tim Big Bang ITB memenangi satu trofi bergengsi, Mobile device Award, pada ajang internasional, Imagine Cup 2009 yang diadakan di Kairo, Mesir, setelah menyisihkan 300.000 pendaftar dari 142 negara.
  • Mahasiswa SBM, Safir Muhammad Fajri Soeparna menjadi wakil resmi Indonesia dalam Forum Pemuda Kreatif se-Dunia (WCYF I) di University of Phillipine, Manila, selama 5 hari (5-10 Mei 2009).
  • READY team, menjadi pemenang dalam kompetisi ke-4 P&G ASEAN Business Challenge 2009 pada 3 April 2009.
  • Tim AstaLaVista, yang beranggotakan mahasiswa MBA SBM berhasil meraih juara ketiga kompetisi internasional bergengsi L'Oreal E-Strat Challenge 2009 tanggal 22 April 2009 di Paris.

 

 

 

 

Dalam wisuda kali ini, seorang wisudawan program sarjana, Pratiwi Winata, dari Prodi Sains dan Teknologi Farmasi Sekolah Farmasi berhasil mencapai prestasi akademik yang tergolong sangat istimewa yakni dengan memperoleh IPK=4,0. Dengan kata lain, semua mata kuliah yang diperolehnya bernilai tertinggi A dan tidak pernah mengulang.

Dalam penutupan sambutannya, Rektor mengingatkan kepada semua lulusan ITB bahwa bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya mereka untuk bangkit menjadi bangsa yang besar.

Dalam kata perpisahan wakil wisudawan disebutkan, "Kami akui sangat besar beban yang kami rasakan ketika kami merenungi jatidiri sebagai penerus perjuangan dan pengabdian bagi bangsa ini. Kami menyadari bahwa hari ini merupakan awal perjalanan panjang bagi pembuktian janji yang telah kami ucapkan, untuk senantiasa membela dan membesarkan negeri ini."

Secara keseluruhan, upacara wisuda berlangsung khidmat. Prosesi ditutup dengan doa oleh Hermawan K. Dipojono, Ph.D.


scan for download