Mahasiswa ITB Dominasi Juara ONMIPA-PT 2009

Oleh Pelita Fajarhati

Editor -

ONMIPA-PT 2009BANDUNG, itb.ac.id- Untuk bidang Kimia dan Matematika, kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyiapkan tim Indonesia menghadapi ajang kompetisi International Scientific Olympiad in Chemistry (ISOC) dan International Scientific Olympiad in Mathematics Chemistry (ISOC) dan International Mathematics Competition (IMC).

Olimpiade ini dilakukan melalui seleksi bertahap, meliputi seleksi tingkat perguruan tinggi dan seleksi regional. Dari hasil seleksi tersebut, ditambah dengan juara I, II, dan III OSN-PTI yang telah terlebih dahulu diselenggarakan, terpilih 23 orang peserta yang lolos mengikuti pembinaan bidang Kimia dan 22 peserta bidang Matematika. Bagi para peserta terbaik bidang bidang Kimia dan Matematika ini, DIKTI menyelenggarakan pembinaan intensif selama lebih kurang satu bulan dari tanggal 25 Mei hingga 19 Juni 2009. Pembinaan dipusatkan di Hotel Isola Resort dan Male Dormitory Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ujian seleksi dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2009 yang akan menentukan komposisi tim Indonesia dalam ajang ISOC dan ISOM.
Pada ajang ini, Juara I bidang Kimia jatuh pada Muhammad Zulqarnaen, mahasiswa  TPB ITB (Tahap Persiapan Bersama, sebutan untuk tingkat pertama-red). Posisi kedua ditempati oleh R. Aditya W dari Prodi Kimia ITB angkatan 2007 . Peringkat ketiga juga dimenangkan mahasiswa Kimia 2007 ITB, yakni Habiburrahman. Ketiga juara mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat serta berhak mengikuti ISOC di Iran. Dua mahasiswa lainnya yang menduduki peringkat keempat dan kelima, Tegar Nurwahyu Wijaya (TPB ITB) dan Muh. Idham DM (UGM) melengkapi lima orang anggota tim Indonesia dalam ISOC.

Untuk bidang Matematika, terpilih Yosafat Pangalia dan M. Arzaki sebagai juara II dan III bidang Matematika. Yosafat dan Rudi Adha akan turut akan menjadi anggota tim Indonesia ke IMC ke Budapest. Sedang M. Arzaki akan menjadi anggota tim Indonesia ke ISOM.

Sedangkan untuk bidang Fisika, ITB menempatkan Thomas Alfa Edison (Fisika) sebagai juara III.

Para peserta juga berkesempatan  mengunjungi obyek wisata Tangkuban Perahu bersamaan dengan pengambilan gambar video clip Gita Gutawa sebelum malam penutupan sekaligus pengumuman juara ONMIPA 2009 dan tim yang akan mewakili Indonesia.(ismu-tegar)

scan for download