Berita / Utama

Pelatihan Kepemimpinan Bagi Mahasiswa ITB Angkatan VI 2009

asni jatiningasih - Kamis, 25 Juni 2009, 11:38:44
BANDUNG, itb.ac.id- Selama 1 minggu (07-13/06/09) sebanyak 150 orang mahasiswa ITB angkatan 2006,2007, dan 2008 mendapatkan pelatihan kepemimpinan dengan tema membangun keunggulan karakter mahasiswa ITB, dalam berkreativitas dan berinovasi untuk menghasilkan karya bagi bangsa. Berbagai materi kepemimpinan diberikan seperti etika politik berbangsa dan bernegara, mengubah tantangan menjadi peluang, universitas dan penciptaan pemikir, decision making and problem solving, dan integrasi kecerdasan intelektual(IQ) dan kecerdasan emosional(EQ). Dalam pidato penutupan, Pangdam III/Siliwangi mengatakan dengan telah dipaparkanya berbagai materi kepemimpinan, para peserta Latpim (Latihan Kepemimpinan-Red) akan lebih memahami betapa kompleksnya permasalahan yang melingkupi dunia kepemimpinan.

Lebih jauh, Pangdam mengungkapkan bahwa dalam era yang serba materialistis dewasa ini senjata yang paling penting untuk dikuasai oleh calon-calon pemimpin adalah adanya konsistensi sikap hidup yang senantiasa diorientasikan pada pengabdian terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai transendental Ketuhanan. "Dengan berakhirnya pelatihan kepemimpinan ini, secara formal dan substansial para mahasiswa telah menerima semua materi dengan baik yang disampaikan oleh para nara sumber sesuai bidangnya masing-masing. Tugas berikutnya adalah bagaimana mengimplementasikan semua materi yang telah disampaikan tersebut secara nyata dalam aktivitas keseharian, baik dalam kapasitas sebagai mahasiswa maupun sebagai warga masyarakat, sehingga keberadaan anda sekalian ini di tengah masyarakat benar-benar dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas kehidupan sosial di manapun anda berada, di sinilah letak dari hakikat kepemimpinan yang akuntabel dan sejati," ujar Pangdam.

Pelatihan kepemimpinan yang terselengara atas kerjasama Institut Teknologi Bandung dengan Kodam III/Siliwangi ini selain diisi dengan materi-materi kepemimpinan diisi juga oleh kegiatan lain seperti outbond(flying fox, turun tebing, meniti tali tambang), paintball, materi pembinaan mental, diskusi bela negara, materi pengenalan senjata, latihan menembak dengan senjata laras panjang dan pistol, dan caraka malam (jalan sendiri di malam hari menembus hutan tanpa penerangan).

 

 

 

 

Dalam salah satu materi kepemimpinan berjudul "Decision Making and Problem Solving", langkah-langkah untuk membuat keputusan yang rasional adalah:

  • Define the problem (Menentukan masalah)
  • Identify the Decision Criteria (Mengidentifikasi kriteria keputusan)
  • Allocate Weights to The Criteria (Mengalokasikan bobot pada kriteria)
  • Develop the Alternatives (Membangun alternatif-alternatif)
  • Evaluate the Alternatives (Mengevaluasi alternatif-alternatif)
  • Select the Best Alternative (Memilih alternatif terbaik)


Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa ITB Angkatan IV 2009 ditutup Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Rasyid Qurnuen Aquary sekaligus pelepasan tanda peserta, Sabtu (13/06/09), bertempat di Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Foto: Facebook