Relawan Diet Karbon: Gaya Hidup Rendah Karbon

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Seperti yang telah kita tahu, karbon merupakan unsur yang bertanggung jawab atas pemanasan global. Pemanasan global ini akan mengakibatkan naiknya permukaan laut. Konsumsi karbon yang belebihan dari manusia memabuat akumulasi karbon semakin meningkat. Itulah yang mendasari Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) untuk berkampanye mengenai diet konsumsi karbon. Pertemuan rutin kemarin diadakan di Campus Center Timur ITB pada Minggu (07/06/09).
Kata kunci dari program YPBB ialah efisiensi energi dan renewable energy. " Efisiensi dalam arti tidak terlalu boros untuk menggunakan energi berbahan bakar fosil yang nota benenya banyan mengandung karbon." terang Nana, Staf Kampanye Pemanasan Global YPBB. " Pun kita juga mulai untuk concern ke renewable energy sebagai salah satu energy pemasok masa depan."


Katalog Diet Karbon

Dalam katalog diet karbon dijelaskan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan demi mnegurangi konsumsi karbon, seperti:
1. Aktifitas transportasi
2. Aktifitas Penggunaan Energi Listrik dan Bahan Bakar Memasak
3. Aktifitas Pengelolaan Sampah dan Limbah
Ketiga aktifitas itu merupakan aktifitas utama yangs arat akan konsumsi karbon, seperti yang diutarakan oleh Nana. Katalog ini digunakan sebagai acuan bagi para relawan dalam melaksanakan diet karbon.

Dalam pertemuan tersebut dibagikan juga diary untuk para relawan. Komitmen para diet karbon akan disharingkan dalam jangka waktu tiga minggu sekali. " Saya bangga karena tahun ini saya sudah membuat perubahan dan memberikan kontribusi yang berarti untuk Bumi." Dikutip dari diary  relawan diet karbon.

YPBB merupakan organisasi independen yang didirikan oleh David Sutasurya pada tahun 1993.

scan for download