Berita / Utama

Berbagi Pengetahuan Seputar Manajemen dan Perencanaan Kota

kristiono - Rabu, 13 Mei 2009, 19:38:21
BANDUNG, itb.ac.id - Ahli Kebijakan dan Perencanaan Transportasi Berkelanjutan asal University of California, Berkeley AS Prof. Robert Cervero, pada Rabu (13-05-2009), berkunjung ke Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Prof. Cervero hadir dalam kapasitasnya sebagai pembicara kunci pada workshop bertajuk "Knowledge Sharing on Urban Planning and Management". Workshop ini merupakan wujud usaha Institut Teknologi Bandung dalam menjalin kerjasama dan jaringan dengan perguruan tinggi kelas dunia. Dalam kesempatan ini, Professor yang aktif sebagai editorial boards di jurnal perencanaan bergengsi Journal of the American Planning Association ini memberikan padangan seputar tren dalam bidang pengelolaan dan perkembangan perencanaan wilayah kota di dunia dewasa ini. Sementara itu, koleganya dari ITB, Professor Tomy Firman menyoroti fenomena perencanaan dan manajemen yang dipraktekan oleh kota-kota di Indonesia.

Professor Cervero secara ekstensif memimpin riset-riset mengenai bagaimana desain sebuah kota, dimana manusia tinggal, bekerja dan beraktivitas dapat mempengaruhi pola dan perilaku perjalanan penduduknya. Riset Prof. Cervero menekankan pentingnya sistem transportasi massal sebagai pendekatan untuk memenuhi kebutuhan pergerakan manusia namun dengan tetap memperhatikan dampak lingkungan seperti kemacetan, waktu yang terbuang, hingga emisi gas rumah kaca yang dihasilkan.

Robert Cervero adalah Professor bidang Perencanaan Wilayah dan Kota di University of California, Berkeley, AS. Fellow World Bank Institute ini memperoleh gelar master teknik sipil dan perencanaan kota dari Georgia Institute of Technology dan PhD di bidang yang sama dari University of California (UCLA). Saat ini, Robert Cervero aktif mengajar di UC Berkeley sekaligus bertindak sebagai Direktur Institute of Urban and Regional Development.