Berita / Utama

Tim Big Bang ITB Jawara Imagine Cup Indonesia 2009

kristiono - Selasa, 12 Mei 2009, 16:07:50

JAKARTA, itb.ac.id - Mahasiswa ITB kembali berjaya dalam ajang kompetisi piranti lunak Imagine Cup oleh Microsoft. Adalah Tim Big Bang yang terdiri dari David Samuel, Dody Dharma, Dominikus Damas, dan Samuel Simon menjadi jawara nasional Imagine Cup 2009. Selain mendapat uang tunai Rp. 15 Juta, Tim Bing Bang berhak menjadi wakil Indonesia mengikuti kompetisi tingkat global di Kairo, Mesir, Juli mendatang.

Dengan prestasi ini, ITB sukses mempertahankan tradisi juara. Tahun lalu, Tim Antarmuka ITB dengan software Butterfly bahkan sanggup bergaung di level global dengan menjuarai kategori Rural Award.

Bertempat di Hotel Shangrila Jakarta, Tim Juri, termasuk CEO Microsoft Corporations Steve Ballmer, pada Senin (11-05-2009) menilai program MOSES (Malaria Observation System and Endemic Surviliance) yang diusung Tim Bing Bang sebagai program yang paling sesuai dengan tema kompetisi tahun ini yakni "Solving the World's Toughtest Problem". Solusi Program MOSES mengungguli Program Demeter oleh Tim Kabayan dari Institut Teknologi Telkom dan Proyek Galaxy oleh Tim Pusaka, juga dari Institut Teknologi Bandung.
 
"Malaria sebenarnya penyakit yang simple, namun pendeteksiannya kadang butuh waktu lama. Karena setelah darah dicek, pasien harus menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya.Program MOSES dapat mendeteksi seseorang terjangkit malaria dengan menghitung kandungan Plasmodium dalam darah. Namun MOSES bukan bermaksud untuk menggantikan dokter, hanya untuk membantu pemeriksaan saja", demikian Dominikus berkomentar dalam detikNet.

Tony Seno Hartono, Staf Bidang Teknologi Nasional PT Microsoft Indonesia, sebagaimana dilansir situs berita Kompas.com menyatakan tema kompetisi tahun ini adalah menghadapi tantangan terberat di dunia saat ini, seperti mengurangi kelaparan, kemiskinan, bahaya AIDS, serta meningkatkan pendidikan, kesehatan ibu hamil, dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Pada Imagine Cup 2009, di Indonesia, Microsoft hanya menjaring pemenang kategori Software Design. Adapun keseluruhan kategori yang dilombakan secara global meliputi Embedded Development, Gamed Development, Robotics and Algorithm, IT Challenge, Mash Up, Photography, Short Film, dan Software Design.