Peluncuran Perangko Seri Tahun Astronomi

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- PT Pos Indonesia meluncurkan perangko seri Tahun Astronomi Internasional 2009 yang digelar di Pusat Observatorium Bosscha Lembang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (02/05/09). Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, peluncuran perangko ini juga sebagai perlambang bahwa Indonesia, bersama-sama dengan masyarakat lain di seluruh dunia ikut serta dalam meramaikan Internasional Year of Astronomi (IYA) 2009.
Internasional Year of Astronomi ditetapkan oleh UNESCO dan digelar di seluruh dunia sepanjang tahun. Sebagai peringatan 400 tahun Galileo pertama kali mempergunakan teleskop untuk mengamati langit, IYA 2009 juga menandakan bahwa pengetahuan astronomi telah membawa manusia pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebaikan bagi manusia itu sendiri.

IYA 2009 bukan saja melulu sebagai momentum peringatan astronomi, tetapi juga membicarakan semangat dalam astronomi, yaitu astronomi mewakili semangat umat manusia untuk menemukan kembali tempatnya di alam semesta dan membawa alam semesta itu ke dalam hidup kesehariannya di Bumi, sesuai dengan tema besar IYA 2009: yours to discover.

Peluncuran dilakukan oleh Direktur Operasi PT Pos Indonesia Soebandi, Kepala Observatorium Bosscha, Dr. Taufik Hidayat, serta dihadiri oleh perwakilan Kementrian Riset dan Teknologi, Depkominfo, dan para peneliti astronomi ITB. Acara peluncuran perangko IYA 2009 dibuka dengan pemutaran film singkat tentang IYA 2009, serta presentasi singkat dari perwakilan IYA 2009 Indonesia dan Taufik. Acara diakhiri dengan penandatanganan perangko dan, kemudian, dilanjutkan pameran astrofilateli.

Seri perangko IYA 2009 antara lain terdiri dari gambar :

  • teleskop yang dipergunakan oleh Galileo dengan latar belakang Omega Centaury sebagai perwakilan pengamatan di langit belahan selatan khatulistiwa
  • logo IYA 2009
  • Galileo Galilei sebagai perintis astronomi modern.

"Pencetakan seri astronomi dan tata surya ini merupakan yang ketujuh kalinya, pertama kali seri perangko tata surya dicetak tahun 1968 seri Ulang Tahun Bosscha. Termasuk pula perangko peringatan gerhana matahari," kata Abdusyukur, Kepala Unit Filateli PT Pos Indonesia. Dua seri terakhir perangko tata surya diterbitkan tahun 2001 dan 2003. Perangko seri Tahun Astronomi Internasional 2009 ini bernilai nominal Rp 2.500 per unit perangko.

Abdusyukur menambahkan, pencetakan perangko seri Tahun Astronomi ini merupakan salah satu dari rencana pencetakan 15 seri perangko pada tahun 2009. Awal tahun ini PT Pos telah mencetak seri perangko Tahun Kerbau dan terakhir seri Ulang Tahun Emas Institut Teknologi Bandung (ITB), Maret 2009 lalu.

scan for download