Donor Darah KSR, 100 Labu dalam 3 Jam

Oleh niken

Editor -

Donor darahBANDUNG, itb.ac.id - Korp Sukarela (KSR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan setelah kurang lebih off selama 2 tahun. Pada kesempatan ini, Kamis(30/04/09) KSR mengadakan kegiatan donor darah yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa ITB. Kegiatan berlangsung di selasar labtek V, mulai pukul 09.30 pagi hingga sekitar pukul 1 siang.
Lebih dari 100 peserta mendaftar, namun tidak semuanya memenuhi persyaratan menjadi pendonor. Pertama-tama calon pendonor menimbang badan, melakukan tes golongan darah, lalu dilakukan pegukuran tekanan darah. Kebanyakan calon pendonor yang tidak diperbolehkan karena tekanan darah yang tidak memenuhi persyaratan minimal yaitu 110/80. Untuk beberapa calon pendonor yang baru pertama kali mendonor sebelumnya diberikan minuman teh manis. Acara donor darah ini bekerja sama dengan Mobile Unit Palang Merah Indonesia cabang Bandung.

Pelaksanaan donor darah ini mudah menarik perhatian mahasiswa karena letaknya yang tepat di selasar Labtek V yang merupakan pusat lalu-lalang mahasiswa di jam istirahat maupun jam kuliah. Berlangsung hingga sekitar 4 jam, acara ini berhasil mengumpulkan 100 labu darah 300 ml, sesuai dengan target yang ditentukan. Diharapkan dengan adanya acara ini, mahasiswa dapat lebih mudah apabila ingin mendonorkan darahnya, dan semoga terjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan PMI Bandung setiap 3 bulannya.

KSR sendiri merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang kesehatan dan palang merah. Setiap tahunnya KSR mengadakan pelatihan anggota, seperti bagaimana cara memberikan pertolongan pertama korban pada kecelakaan, membuat nafas buatan, mengobati luka luar, dan lainnya. Anggota-anggota KSR pun biasanya dimintai bantuan untuk mendampingi saat ada kegiatan-kegiatan unit atau himpunan di luar kampus.

scan for download