Berita / Utama

Pameran "MAJANG" Desain Komunikasi Visual ITB bertema "Belanja Inspirasi"

kikywikantari - Selasa, 28 April 2009, 04:23:58
BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB yang tergabung dalam IPPDIG (Ikatan Pemuda-Pemudi Desain Grafis), mengadakan pameran berjudul "MAJANG (Mata Keranjang)" pada hari Sabtu (18/04/09) di Campus Center (CC) Barat ITB dengan tujuan menggali potensi dan inspirasi para mahasiswa DKV ITB. Pada hari Jumat (17/04/09) di CC Barat, juga diadakan talkshow yang masih merupakan rangkaian acara pameran, dengan tema "The Making of Versus" oleh Caroline F. Sunarko bersama Surianto Rustan (penulis buku Layout).

Acara yang dikomandoi oleh ketua acara Budi Haryono (DKV'06) ini memiliki tiga rangkaian acara, yaitu: Mascot Challenge, Talkshow, dan Pameran. Mascot Challenge merupakan kegiatan pra event untuk umum untuk menghias dan memodifikasi mascot pameran. Hasil lomba dipamerkan pada hari pameran (17-18 April 2009).

Pameran "MAJANG" yang diadakan untuk memenuhi tujuan "Belanja Inspirasi" para mahasiswa ini menampilkan dekorasi pasar swalayan. Mulai dari karya-karya yang ditampilkan hingga hingga penjaga tokonya pun ditampilkan bak sebuah pasar swalayan, beberapa karya bahkan dipajang lengkap dengan rak asli properti toko swalayan. Media yang ditampilkan pun beragam, mulai dari dua dimensi hingga tiga dimensi, dengan keanekaragaman warna dan ide yang menarik.

Karya-karya yang ditampilkan sendirib bertopik kuliah-kuliah dasar DKV seperti fotografi, tipografi dan ilustrasi hingga yang bersifat kompleks dan matang di karya tugas akhir, dari tiga jalur pilihan yang ada pada prodi dkv itb: desain grafis, multimedia dan advertising. Tiga jalur pilihan minat yang ditawarkan oleh jurusan DKV pada semester ke-6 tersebut dibentuk berdasarkan perkembangan zaman yang menuntut penyampaian informasi dan komunikasi melalui gambar, tanda/simbol, atau unsur grafis lainnya, yang berisi pesan dan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif  serta  mengandung solusi (alternatif) untuk permasalahan yang hendak disampaikan (sosial maupun komersial) pada masyarakat.

Melalui pameran ini dapat dilihat warna warni dan keunikan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB yang membuat kampus ITB lebih hidup. Terkadang orang awam sulit untuk mencerna ide para mahasiswa FSRD, namun dibalik itu semua banyak pujian dan penghargaan yang terlontar dari kalangan ahli dan pakar seni untuk mereka. Selamat untuk mahasiswa FSRD!