Berita / Utama

FSL Comlabs: Trend Desktop 2009

asni jatiningasih - Kamis, 9 April 2009, 12:40:17
BANDUNG, itb.ac.id- Sabtu (04/04/09), Comlabs kembali mengadakan Free IT Saturday Lesson (FSL). Dalam FSL kali ini, diangkat topik "Trend Desktop 2009". Topik ini menunjukkan bahwa inovasi dalam aplikasi desktop masih berkembang di tengah-tengah pesatnya pengembangan dan penggunaan aplikasi web. Berbagai vendor dan komunitas masih sanggup meramaikan trend desktop pada tahun ini. Berbagai vendor dan komunitas masih sanggup meramaikan trend desktop pada tahun ini. Sebutlah Windows hasil produksi Microsoft yang baru-baru ini memperkenalkan Windows 7 dengan beragam fitur baru yang lebih ramah guna dan tampilan grafis yang lebih indah. Juga varian Linux yakni Ubuntu 9.04 (Jaunty Jacklop) yang akan segera dirilis sebagai desktop Operating Software open source yang populer, serta Mac OS dari Apple yang masih menjadi pemain utama dalam basis aplikasi desktop yang banyak digunakan.

Ronald Rajagukguk, mantan Microsoft Ambassador, menyampaikan materi mengenai Windows 7 dan Internet Explorer 8. Spesifikasi yang dibutuhkanuntuk windows 7, diantaranya kecepatan 16 Hz (32 bit/64 bit), ram 1 GB, graphics memory 128 MB (aero), harddisk16 GB, DVD-Room, audio, graphicscard direct capable. Ronald juga membedakan antara windows 7 dengan product Microsoft lainnya, yaitu task bar yang besar (grouping), jump list dengan mengklik kanan task bar untuk mengetahui aplikasi apa saja yang telah dibuka, aero, theme yang lebih banyak, ribbon pada paint dan wordpad, penambahan handwriting recognition, multiple monitors support, penyambungan ke proyektor lebih mudah, dan library yang lebih banyak untuk management file/ dokumen. Dalam pembahasan mengenai Internet Explorer 8, disebutkan teknologi seperti web slash untuk melihat melihat content yang diinginkan, tampilan gambar pada fungsi search, dan accelerator yang dapat mencari pengertian suatu kata dan peta dari suatu tempat.

Andi Sugandi dari komunitas Linux, menyampaikan teknologi dari KDE yang mendukung multiple desktop, tampilan yang menyerupai MAC, index, xube, dan aplikasi widget.

Yahya Peranginangin dari MAC menyampaikan tentang apple yang telah mengeluarkan 5 Versi MAC, yaitu Cheetah/2001, Jaguar/2002, Panther/2003, Tiger/2005, dan Leopard/2007. Kedepannya, akan diluncurkan juga versi terbaru, yaitu Snow Leopard. Sekilas tentang teknologi yang dimiliki masing-masing versi diantaranya Panther dengan fast user switch-nya. Leopard sendiri dilengkapi dengan time machine, multi platform, dan user interface enhancement; Tiger dilengkapi dengan spotlight, built in RSS reader, automotor, voice over, dan performance enhancement. Pada versi yang paling baru, Snow Leopard, dilengkapi dengan quick time, 64 bit improvement, penggabungan CPU dan DPU, ilife, dan keseluruhan OS Snow Leopard yang jenius.

Pada sesi terakhir, dihadirkan Deny, Sun Solaris. Deny menyampaikan klorofil desktop Sun Solaris. Fitur-fitur klorofil desktop, diantaranya:
  - selalu online dengan YM, e-mail, dan facebook
  - mobile user
  - semua berbasis web application
  - complex web user interface
  - interaktif web
  - versionless application."

Dalam 1 tahun ini klorofil desktop style mengalami pengembangan, diantaranya java script, online service, kambium KDE (web dalam web), user flow engine (full featured developement tools), pure effect GUI.