ITB Juara Kompetisi Merancang Servis Ruang Publik Masa Depan dalam Arkavidia

Oleh kikywikantari

Editor -

arkavidiaBANDUNG, itb. ac.id - Tim Niraamaya dari ITB berhasil menjadi juara I Lomba Desain Perangkat Lunak yang diadakan sebagai rangkaian acara dari Arkavidia, yang berlangsung pada tanggal 2-4 April 2009. Dalam lomba ini, mahasiswa ditantang untuk menyelesaikan permasalahan yang bertemakan "Future Public Service" dan menemukan solusinya.

Proses pendaftaran telah dibuka sejak Desember 2008 yang ditutup hingga Maret 2009. Proposal yang masuk disaring menjadi empat ide software terbaik dan dipresentasikan di depan juri, stakeholders, dan penonton pada 4 April 2009 di Auditorium Campus Center (CC) ITB. Tim yang berhasil meraih juara I untuk lomba ini adalah Tim Niraamaya (ITB) dengan anggota: Herdyanto Soeryowardhana, Ibnu Hikam, Arga Dinata, dan Fajar Zaki. Juara II untuk lomba ini adalah Tim Team Building (UI) dengan anggota: Anggi Wijaya, Adith Prasetya, Syarief Abdurrahman, dan Fariz Darari. Juara III diraih oleh Tim Digital Hedge (Bina Nusantara) dengan anggota: Panji Kharisma, Eko Mirhard, dan Winardi Kurniawan.

programmingSelain itu, diadakan pula Lomba Pemrograman. Perlombaan ini mempertandingkan logika dan kemampuan perancangan algoritma dengan mengerjakan soal-soal yang berupa pemecah permasalahan. Peserta lomba diminta untuk menyelesaikan permasalahan dengan tidak melewati batasan yang diberikan. Proses pendaftaran dibuka sejak Desember 2008 dan ditutup pada Maret 2009.

Pada babak penyisihan, telah terseleksi 30 tim sebagai finalis dari berbagai universitas. Ketigapuluh tim ini berkompetisi memecahkan masalah yang diberikan pada tanggal 4 April 2009, selama 5 jam nonstop di Laboratorium Informatika ITB. Penjurian dilakukan secara otomatis dengan sistem penilaian yang telah terprogram. Hasil lomba ini adalah sebagai berikut: Juara I diraih oleh Tim SleepingPanda (Bina Nusantara) dengan anggota: Eko Wibowo, Eko Mirhard, dan Lie Gunawan. Juara II diraih oleh Tim Hemud (UI) dengan anggota: Hendri Budianto dan Denvil Prasetya. Juara III diraih oleh Tim Bontor Humadong (ITB) dengan anggota: Karol Danutama, Listiarso Wastuargo, dan Gregorius Ronny Kaluge.

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai: Juara I Rp 10.000.000,00, Juara II Rp 5.000.000,00, dan Juara III Rp 3.000.000,00, serta ditambah dengan setiap tim yang lolos ke tahap presentasi, berhak mendapatkan Microsoft(r)Visual Studio Team System dan Microsoft(r)Expression ORIGINAL langsung dari Microsoft dalam acara penutupan Arkavidia.


scan for download