Mahasiswa ITB wakili Indonesia Dalam Kompetisi PARSG 2009 di Taiwan

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Rabu, 31 Maret 2009, tim GARUDA 77 dari ITB yang beranggotakan Andhika Putra Pratama, Raka Pradipta Nandiwardhana , Saifullah Abas Wahid keluar sebagai tim terbaik nasional dalam Pan-Asian Ratailing Simulation Game 2008 - Indonesia (PARSG 2008). Dengan demikian, tim GARUDA 77 berhak mewakili Indonesia untuk mengikuti kompetisi final di National Central University, Taiwan. Kompetisi final tingkat dunia, akan diselenggarakan pada 15-18 Mei 2009, memperebutkan grand prize uang tunai senilai US$ 10.000.

Sedangkan GARUDA 72 dari ITB yang beranggotakan Adriansyah Ibnu Hikam dan Henny Triana berhak atas tropi juara 2. Di tempat ketiga GARUDA 75 dari UNPAR yang beranggotakan Samuel Erlang Pratama, Yandi Tanaga, serta Trixie Aniela Suwondo berhak atas tropi juara 3.

Pan-Asian Retailing Simulation Game 2009 (PARSG 2009) adalah sebuah kompetisi yang dicetuskan oleh Departemen Administrasi Bisnis, National Central Universty, Taiwan. Kompetisi ini bertujuan meningkatkan dan memperluas pemahaman mahasiswa mengenai bisnis ritel di Asia.

"Saat menjalani ronde 1-3 kami masih mengambil keputusan berdasarkan perhitungan dan analisis yang mendalam, namun pada ronde ke-4 kami hampir tidak dapat memprediksi strategi apa yang harus diambil untuk dapat menang. Akhirnya berdasarkan analisis dicampur dengan feeling yang kuat kami dapat menentukan strategi yang tepat," Demikian Andhika bertestimoni.

The Retailing Simulation Game adalah kompetisi online. Mahasiswa akan bersaing dengan menggunakan suatu program yang disebut Chain Store Master (CSM). Program ini memungkinkan mahasiswa mengubah dan menyesuaikan parameter lingkungan bisnis sesuai dengan keinginan guna memaksimalkan keuntungan perusahaan. Dibutuhkan pemikiran strategis yang cepat dan akurat dalam proses pengambilan keputusan untuk dapat berkompetisi disini. Pada akhir periode, program CSM akan mengevaluasi kinerja dari setiap tim.

Di Indonesia, panitia lokal kompetisi ini diselenggarakan oleh Penelitian dan Pengembangan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (PPM FEB UGM).


scan for download