Dies Emas ITB: Gladi Bersih dan Persiapan Video Conference

alitdewanto | Minggu, 1 Maret 2009, 18:39:02 | Lihat foto berita ini
latihan bersama ISO, PSM dan KPA ITBBANDUNG, itb.ac.id- ITB melakukan persiapanan terkahirnya dalam menggelar rangkaian acara peringatan Dies Emas. Minggu (01/03/09) bertempat di gedung Sasana Kebudayaan Ganesha (Sabuga) ITB, diadakan gladi bersih untuk upacara Sidang Terbuka Peringatan Dies Emas ITB. Nampak Prof. Djoko Santoso, rektor ITB, menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Gladi bersih juga diikuti oleh Paduan Suara Mahasiswa, Student Orchestra, dan Keluarga Paduan Angklung ITB yang turut berpartisipasi besok.

Pesiapan di mimbarDalam sidang terbuka besok direncanakan akan diberikan beberapa penghargaan ITB, salah satunya Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana yang akan diberikan kepada Muhammad Jusuf Kalla atas jasa dan pengabdian ketika menjabat sebagai Wakil presiden RI. Beberapa penghargaan lain yang dianugerahkan seperti Ganesha Praja Manggal Adi Utama untuk para menteri dan mantan menteri yang menunjukkan pengabdian dan jasa selama menjabat, Ganesha Wirya Jasa Bhakti Utama untuk para pengembang institusi lingkup ITB, Ganesha Widya Jasa Adi Utama untuk pengembangan teknologi dan seni iptek, dan penghargaan Profesor Emiritus.

Beberapa tokoh yang mendapat penghargaan seperti Prof. Wiranto Arismunandar (mantan Mendiknas), Ir. Hatta Radjasa (Menetri Sekertaris Negara), Ir. Purnomo Yusgiantoro (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Ir. Kusmayanto Kadiman (Menteri Riset dan Teknologi) serta jurnalis, Andy F. Noya.


Sementara itu, di lapangan CC (Campus Center) ITB juga diadakan persiapan untuk mendirikan layar megatronik yang digunakan untuk menampilkan video aktivitas di Sabuga selama penyelenggaraan sidang. Layanan yang dieksekusi oleh SOI (School On Internet) dapat dinikmati oleh seluruh sivitas akademik ITB di dalam kampus. " Layanan ini adalah video conference. Kami menggunakan teknologi protokol H232." ujar Hans, salah satu teknisi SOI. Teknologi protokol ini merupakan perkembangan teknologi video conference yang lebih murah dan cepat aksesnya.