Sarana Prasarana ITB Menyambut Dies Emas Kampusnya

By habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Direktur Sarana dan Prasarana (Sapras) ITB, Endang Yuliastuti, berkata bahwa tahun lalu adalah tahun dimana ITB merupakan kampus yang bersih. "Namun, ITB saat ini tidak hanya bersih, tetapi juga cantik," ujar Yuli, panggilan akrabnya. Kerja rutin yang dilakukan Sapras semakin membuat mata dimanjakan menjelang DIES EMAS ITB. Pemeliharaan taman TVST ditambah pemasangan lampu solar cell di sekitar taman juga menegaskan ITB sebagai kampus yang mendukung edaran pemerintah tentang hemat energi.

Dipilihnya taman TVST sebagai pemasangan lampu solar cell berdasarkan pertimbangan bahwa sebelumnya tempat tersebut terasa kurang pecahayaan ketika malam datang. Cukupnya sinar matahari sebagai sumber energi juga menjadi pertimbangan Sapras. "Pohon disana tidak ada yang tinggi-tinggi sehingga 14 lampu cocok dipasang disana," ujar Yuli kepada Kantor Berita ITB. Sebelumnya, ITB bekerja sama dengan alumni'78 juga telah memasang lampu hemat energi di timur lapangan basket CC.

Rencana selanjutnya yang akan segera direalisasikan tahun ini adalah renovasi perpustakaan pusat. Dana tiga miliyar lebih telah disiapkan untuk mengganti eksterior perpustakaan dan menambahkan AC di seluruh ruangan perpustakaan. "Rencananya eksterior lantai satu akan disamakan dengan bangunan ITB pada umumnya, yaitu adanya ornamen-ornamen batu alam," tambah Yuli. Kebutuhan menempatkan proyektor diseluruh ruangan kuliah ITB juga akan menjadi fokus Sapras tahun ini.

Tak berhenti pada bangunan yang berada di kampus, Sapras juga akan merombak asrama-asrama mahasiswa ITB. Asrama putri dan asrama untuk mahasiswa asing juga akan diperbaiki mengingat ITB sedang menuju World Class University.

Tahun ini, Dipa atau dana pendidikan yang diberikan Depdiknas kepada ITB akan meningkat selaras dengan peningkatan alokasi APBN untuk pendidikan menjadi 20%. Dana tersebut akan digunakan Sapras untuk mendanai rencana-rencana tahun 2009 ini. Dua Bis-full AC bantuan dari Pemrov Jabar juga akan segera turun pertengahan Maret ini.

 

-Dies Emas ITB-