Berita / Utama

Peringatan Dies Emas 50 Tahun ITB: Sosialisasi pada Media

prita - Kamis, 26 Februari 2009, 02:00:11
BANDUNG, itb.ac.id- Sebagai bentuk sosialisasi, panitia Dies Emas 50 tahun ITB menggelar Konferensi Pers mengenai acara tersebut. Bernuansa semi formal, konferensi pers diadakan di ruang FDWB Sasana Budaya Ganesha, Rabu (25/02/09).Rangkaian kegiatan yang akan mengisi agenda Dies Emas 50 Tahun ITB disampaikan oleh Wakil Ketua Panitia, Ismunandar, kepada para wartawan. Mengusung tema Energi dan Lingkungan, rangkaian kegiatan akan terbagi dua: memperingati 50 tahun diresmikannya Institut Teknologi Bandung oleh Ir. Sukarno pada 2 Maret 1959, dan berdirinya Technische Hoogeschool pada 1920.

Memperingati 50 tahun diresmikannya ITB, kegiatan diawali dengan Open House pada 27 Februari - 1 Maret 2009. Peringatan Dies Emas akan dibuka pada tanggal 2 Maret di Sasana Budaya Ganesha oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Dalam sidang tersebut direncanakan pula pemberian Anugerah ITB serta peluncuran perangko dan koin emas seri ITB. Keseluruhan Dies Emas bagian pertama ini akan terdiri dari Open House ITB 2009, Pameran Inovasi Ipteks, Seminar Nasional Energi dan Lingkungan, Temu Alumni, dan ditutup dengan Opera Ganesa. Selain itu, direncanakan pula peresmian nama baru 4 Gedung Labtek dan Hall of Fame ITB.

Sementara itu, Dies bagian kedua yang memperingati 89 tahun berdirinya Technische Hoogeschool akan diselenggarakan pada bulan Juni dan Juli 2009. Kegiatan terdiri dari Konferensi Internasional mengenai riset dan Sidang Terbuka sekaligus peluncuran Buku Kenangan dan Buku Sejarah ITB. Pada beberapa acara, Dies bagian kedua akan merupakan follow up dari dies bagian pertama.

Pada peringatan kali ini, khususnya melalui Pameran Inovasi Ipteks dan Seminar Nasional Energi dan Lingkungan, diharapkan hasil-hasil riset unggulan dan bermanfaat dapat tersampaikan pada masyarakat serta mendorong adanya pemikiran mengenai alternatif energi untuk masa depan. Karenanya, pihak ITB meminta dukungan dari media untuk ikut mensosialisasikan acara ini agar harapan-harapan tersebut tercapai dengan optimal.

Penjelasan lebih lanjut mengenai konten kegiatan disampaikan pula oleh setiap penanggung jawab kegiatan. Sebagai bagian dari agenda Dies, akan dicetak sejumlah koin emas dan perangko seri ITB. Koin emas direncanakan dibagikan pada orang-orang yang telah berjasa pada ITB dan dicetak dalam jumlah terbatas. Sementara itu perangko seri ITB akan menampilkan perjalanan ITB dari awal berdiri hingga sekarang.

Dies emas 50 tahun ITB akan melibatkan seluruh elemen yang ada di kampus tersebut baik dosen, mahasiswa, maupun civitas akademik lainnya. Partisipasi mahasiswa terwujud dalam penampilan unit-unit kegiatan pada acara Open House maupun Opera Ganesha serta pameran karya mahasiswa dalam Open House. Diperkirakan sekitar 500 orang ikut mendukung acara ini. Meski demikian, kegiatan akademis akan tetap berjalan selama pelaksanaan acara, demikian disampaikan oleh Ismunandar.