Donor Darah Patra: Setiap Tetes Darah Anda Sangat Berarti

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Setiap tetes darah Anda sangat berati bagi mereka yang membutuhkan. Sumbangan darah tersebut dapat menjadi salah satu bentuk kepekaan dan kepedulian sosial mahasiswa terhadap masyarakat. Itulah yang mendasari HMTM (Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan) Patra ITB untuk mengadakan program donor darah.  Program yang dieksekusi oleh Bidang Eksternal Patra ini mengambil lokasi di selasar Labtek V ITB, hari Senin (09/02/2009) dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.
Program ini bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Bandung. Hingga acara berakhir target 80 orang peserta telah terpenuhi, dengan rincian 34 partisipan golongan darah O, 25 orang golongan darah B, 18 golongan darah A, dan 3 orang berjenis darah AB.

Menyinggung kenapa harus donor darah yang dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Albaihaqi (Teknik Perminyakan'07), ketua panitia, menjelaskan karena semua orang dari berbagai golongan dapat berpartisipasi dan tergerak rasa sosialnya.
" Kami mengharapkan ruang lingkupnya lebih luas lagi, tidak sebatas anggota Patra saja. Kami (Patra) sebagai fasilitator, peserta yang lain yang berpartisipasi." terangnya. " Selain tu, donor darah juga mudah dilakukan dan efektif penyelenggaraannya."

Beberapa peserta nampak antusias menunggu giliran. Salah seorang peserta, Nataniel Depo (Teknik Elektro'07) bahkan tidak menampakkan kejenuhan saat menjalani donor darah untuk yang kesebelas kalinya.
" Kata orang donor darah itu bisa membuat darah menjadi lebih bersih, dan lebih sehat. Bisa untuk mengecek gratis kayak kadar Hemoglobin dan Rhesus kita" ujarnya. " Sekalian beramal juga."

Kantong-kantong darah tersebut nantinya akan langsung dikelola PMI sebagai cadangan. Setiap tetes darah Anda sangat berarti.

scan for download