Seminar Fiesto: Langkah Pemula Untuk Berinvestasi

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG,itb.ac.id- Sabtu (07/02/2009) KSEP (Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal) ITB mengadakan seminar FIESTO (First Step to The Investment World) bertempat di Aula Barat ITB. Seminar ini merupakan rangkaian acara dari CMEF (Capital Market Education Fair) 2009. Seminar ini mengusung dua topik. Topik pertama yakni Mengenal Investasi, Saham, dan Cara Memulai Berinvestasi Saham, dilanjutkan mengenai Lebih Dekat dengan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dan Analisis Saham di Pasar Modal Indonesia.

Hadir sebagai pembicara ialah Adrian Teja, Head Sales Equity PT Panin Sekuritas, Tbk. Teja memulai presentasinya dengan mengenalkan apa itu saham dan pasar saham. Saham adalah bukti kepemilikan perusahaan sedangkan pasar saham ialah kegiatan untuk jual-beli saham. Pasar saham sendiri harus memiliki sebuah institusi agar pergerakannya teratur. Teja mencontohkan ada empat pihak yang berkompetensi dalam pasar saham, yakni
1. Regulator, yakni Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal)
2. Institusi Pasar Saham seperti Bursa Efek Indonesia dan Perusahaan-perusahaan Sekuritas
3. Investor
4. Institusi Penunjang Pasar Saham seperti Biro Administrasi, Kantor Hukum, dan Auditor

" Penting juga untuk mengenal jam perdagangan di beberapa institusi pasar saham. Contoh saja di BEI, pre market dibuka jam 9.25, sesi 1 antara jam 9.30 s/d 12.00, sesi 2 jam 13.30 s/d 16.00 hanya untuk hari Senin-Kamis." paparnya. " Untuk Jumat sudah beda lagi. Pergerakan kita kan semakin terarah kalau hal-hal teknis seperti itu dipikirkan dari awal."

Yang paling menarik ialah ketika Teja memaparkan kapan para pemula mulai berinvestasi saham. Secara teori, untuk terlibat dalam investasi saham harus memikirkan beberapa segi dan teori, seperti teori ekonomi, teori penilaian aset, teori portofolio, manajemen resiko, dan mekanisme perdangannya.

Secara lebih intens, rangkaian acara CMEF 2009 akan dilanjutkan dengan seminar MAESTRO yang akan diselenggarakan 28 Februari-1 Maret 2009 di Hotel Grand Aquilla dengan topik yang lebih mendalam lagi.


scan for download